STRATEGI KEPENYIARAN RAPEMDA LAMPUNG TENGAH DALAM KAJIAN SAHABAT JANNAH

ANTIKA, HAKIKI (2024) STRATEGI KEPENYIARAN RAPEMDA LAMPUNG TENGAH DALAM KAJIAN SAHABAT JANNAH. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi penyiar adalah dasar dalam sebuah proses penyiaran, sebagai acuan awal yang terencana dalam upaya tercapainya suatu tujuan. Pada modern ini banyak sekali media baru berkembang seolah bersaing di kalangan masyarakat, media radio yang diangap kuno, tetapi radio saat ini masih memiliki peminat, karena strategi yang digunakan. Radio diangap sudah tertinggal, bahkan ada banyak radio sudah tidak beroperasi dikarenakan kurangnya minat pendengar. Berbeda dengan Lampung Tengah yang masih mengudara sampai sekarang, bahkan memiliki banyak pengemar. Penelitian yang termasuk peneliatian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelituan ini yaitu data primer diperoleh dari pimpinan dan penyiar yang berjumlah 8 orang, teknik pengambilan subjek mengunakan teknik purposive sampling yaitu dengan kriteria sehingga didapatlah subjeknya sebanyak 3 orang sedangkan sumber data sekunder di dapatkan dari dokumen dan pendengar Rapemda radio, serta metode pengumpulan data yang diperggunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan yaitu reduksi data, data display, dan kesimpulan. Berdasarkan dari hasil yang diperoleh dapat diambil kesimpulan yaitu. Berdasarkan hasil penelitan maka dapat disimpulkan, bahwa strategi penyiar yang dilakukan Lampung Tengah di Kabupaten Lampung Tengah khususnya dalam program kajian sahabat jannah, strategi penyiaran yang digunakan yaitu, Strategi kesesuaian, strategi pembentukan kebiasaan, strategi pengotrolan arus, strategi penyimpanan sumber-sumber program dan strategi daya penarik masa, Dengan ke lima strategi penyiaran tersebut program diminati oleh pendengar sampai saat ini. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Kepenyiaran, Kajian Sahabat Jannah.ABSTRACT Broadcasting strategy is the basis of a broadcasting process, as a planned initial reference in an effort to achieve a goal. In modern times, many new media have developed as if they are competing among the public, radio media is considered old-fashioned, but today radio still has fans, because of the strategies used. Radio is considered to be left behind, in fact many radio stations are no longer operating due to lack of listener interest. This is different from Central Lampung, which is still on the air today, and even has many fans. Radio Rapemda Central Lampung, a radio located in Central Lampung Regency, provides entertainment and information, as well as following media developments, so that listeners remain interested, by offering various interesting broadcast programs. Coming from this problem, this research focuses on the broadcasting strategy of the Central Lampung regional government in the study of Sahabat Jannah. Research includes field research with a descriptive qualitative approach. The data sources in this research are primary data obtained from 8 leaders and broadcasters, the technique for taking subjects used a purposive sampling technique, namely with criteria so that 3 subjects were obtained, while secondary data sources were obtained from documents and listeners of the Rapemda radio. and the data collection methods used are interviews, observation and documentation, with data analysis using data reduction, data display and conclusions. Based on the results obtained, conclusions can be drawn, namely. Based on the research results, it can be concluded that the broadcasting strategy used by Central Lampung in attracting the interest of listeners in Central Lampung Regency, especially in the Friends of Jannah study program, the broadcasting strategy used is, namely, suitability strategy, habit formation strategy, flow control strategy, resource storage strategy. program sources and mass attraction strategies. With these five broadcasting strategies, the program is in demand by listeners to this day. Keyword: Communication Strategy, Broadcasting, Friends of Jannah Study.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2024 03:09
Last Modified: 20 May 2024 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33280

Actions (login required)

View Item View Item