STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA KABUPATEN PESISIR BARAT DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT UNTUK MENJAGA ALAM PESISIR BARAT

DESTI, EKA WULANDARI (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA KABUPATEN PESISIR BARAT DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT UNTUK MENJAGA ALAM PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI DESTI EKA WULANDARI.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of bab 1-2 & dapus.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi komunikasi .adalah ilmu atau seni atau rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.manusia mempunyai tanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Namun permasalahan kerusakan lingkungan tidak lagi menjadi pembahasan yang asing. Persoalan lingkungan tidak dapat dipisahkan dari persoalan agama dengan berbagai jenis kerusakan dibumi, ada krisis spiritual dan eksistensi manusia modern. Rumusan masalah yang diambil dari penelitian ini Bagaimana strategi komunikasi dinas pariwisata kabupaten pesisir barat dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga alam pesisir barat. Penelitian yang digunakan oleh penulis merupakan kualitatif, yakni penelitian lapangan. Dalam penelitian ini menggunakan tekhnik pusposive sampling. Adapun metode yang digunakan adalah metode wawancara,observasi dan dokumentasi. Adapun hasil kesimpulan dari penelitian ini bahwa strategi komunikasi Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Menjaga Alam Pesisir Barat adalah melakukan beberapa langkah-langkah strategi komunikas yaitu, pertama dengan mengidentifikasi atau penyampaian pesan yaitu yang dilakukan dinas pariwisata dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi, kegiatan sosialisasi tersebut mendapatkan hasil yaitu masyarakat sudah banyak mengerti dan paham apa yang disampaikan oleh dinas pariwisata dalam kegitan sosialisasi tersebut. Kedua, Dinas pariwisata menetapkan tujuan yang akan dicapai dalam pesan tersebut yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat kabupaten pesisir barat dalam hal menjaga lingkungan sekitar pantai labuhan jukung krui, maka diadakan sosialisasi terlebih dahulu. Ketiga, dinas pariwisata menetapkan isi pesan yang disampaikan adalah menjaga dan saling berkerjasama dalam menjaga kebersihan lingkungan pantai labuhan jukung krui. Langkah keempat menetapkan banyaknya komitmen yang dibutuhkan dalam pencapaian perubahan terhadap yang menjadi penerima pesan, yaitu Dinas Pariwisata tidak terlalu lama untuk melihat perubahan terhadap masyarakatnya. Langkah yang kelima menentukan saluran media yang tepat untuk menyampaikan pesan dalam menjaga alam, media yang digunakan oleh dinas pariwisata dalam menyampaikan pesannya adalah dengan secara langsung dan menggunakan media brousur,poster dan leaflet. Keenam dinas pariwisata membuat rencana dalam penyampaian pesan untuk menjaga alam, rencana yang akan dilakukan adalah dengan pengadaan sosialisasi terkait dengan menjaga lingkungan dan kebersihan pantai labuhan jukung dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Dan langkah yang terakhir setelah melakukan enam langkah sebelumnya dinas pariwisata dalam hal ini melakukan evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui kekurangan dalam penyampaian pesan dan kesuksesan dalam menyampaikan pesan terkait menjaga alam tersebut, dengan melakukan sosialisasi dan dapat dilihat dari kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat pesisir tengah maka kemudian dinas pariwisa bisa melihat evaluasi tersebut apakah sudah bisa berjalan dengan baik atau belum. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Dinas Pariwisata, Alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2024 06:37
Last Modified: 17 May 2024 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33267

Actions (login required)

View Item View Item