PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MENGATASI PELANGGARAN TATA TERTIB PADA PESERTA DIDIK DI SMK AL-HUDA JATI AGUNG

DIAN, TRI AMELIA (2024) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MENGATASI PELANGGARAN TATA TERTIB PADA PESERTA DIDIK DI SMK AL-HUDA JATI AGUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cetak proposal dian 1,3,5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of cetak proposal dian full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Secara umum masalah kedisiplinan yang sering dilanggar oleh peserta didik di SMK Al-Huda Jati Agung yaitu perilaku membolos sekolah, datang terlambat ke sekolah, sering berada diluar kelas pada saat jam pelajaran, tidak memakai atribut sekolah dengan lengkap sesuai aturan sekolah, membawa hp ke sekolah, tidak mengerjakan tugas tepat waktu. Guru BK di SMK Al-Huda Jati Agung harus memiliki strategi dalam mengatasi permasalahan tentang kedisiplinan peserta didik, salah satunya dengan konseling individual. Layanan ini dinilai efektif digunakan dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik yang bermasalah dengan kedisiplinan pada khususnya. Tujuan dari konseling individu ini adalah guru bisa menangani peserta didik dengan lebih mendalam dan bisa memantau tingkat kemajuan peserta didik terhadap pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana layanan bimbingan konseling individual dalam mengatasi pelanggaran tata tertib pada peserta didik di SMK Al-Huda Jati Agung? Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi layanan konseling individual dalam mengatasi pelanggaran tata tertib pada peserta didik di SMK Al-Huda Jati Agung. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, Sumber data primer dalam penelitian ini ialah wawancra dengan Guru BK dan Peserta didik SMK Al Huda Jati Agung untuk mengetahui dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan, sedangkan data skunder berupa dokumen-dokumen, foto-foto, tabel, atau buku-buku ilmiah, hasil penelitian maupun jurnal atau bahan lainnya yang dapat memperkaya dan memperjelas data primer. Metode pengumpulan data yang digunaka ialah observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dan uji Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan konseling individual yang ada di SMK Al-Huda Jati Agung melalui melalui beberapa tahap yakni menjalin hubungan identifikasi masalah, memfasilitasi perubahan terapeutis, dan evaluasi atau terminasi. Namun, pelaksanaan dilapangan lebih ditegaskan dalam bentuk pelaksanaannya seperti pemberian peringatan, nasehat, dan melakukan pemanggilan, Melakukan kerjasama dalam pengawasan oleh Guru bimbingan konseling dan wali kelas, Kunjungan Rumah (Home Visit), Memanggil Orang Tua, dan melakukan Kerjasama dengan Guru atau Wali Kelas. Hal ini dilakukan iv untuk mengatasi pelanggaran tata tertib yang sering dilakukan oleh peserta didik seperti: Membolos saat jam belajar, tidak mengerjakan tugas, merokok di lingkungan sekolah, tanpa keterangan 3 hari berturut-turut, terlambat, dan lain-lain. Pelanggaran tersebut disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor lingkungan (teman dan pergaulan), dan Faktor individu, faktor ini berkaitan dengan sikap, perilaku, kepribadian dan watak peserta didik yang berasal dari faktor Keluarga maupun kebiasaan. Kata Kunci: Layanan Bimbingan dan Konseling Individual, Pelanggaran, Tata Tertib

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2024 04:05
Last Modified: 17 May 2024 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33263

Actions (login required)

View Item View Item