PENGARUH AJARAN IMAM AL-GHOZALI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN JAMAAH MAJELIS TA’LIM DI PONPES TIRYAQUL AGHYAR SUMUR PUTRI KECAMATAN TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG

Sri, Utami (2024) PENGARUH AJARAN IMAM AL-GHOZALI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN JAMAAH MAJELIS TA’LIM DI PONPES TIRYAQUL AGHYAR SUMUR PUTRI KECAMATAN TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK SRI UTAMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Imam al-Ghazali sangat populer di lingkungan umat Islam, rasanya amat jarang pelajar Islam yang tidak mengenal tokoh ini. Ia bahkan menempati kedudukan istimewa di hadapan umat Islam. Sebagai seorang ulama yang ahli dalam bidang syari’at dan penganut. Tokoh Imam Al ghozali bergelar Hujjatul Islam, salah satunya karena beliau punya jasa yang amat besar dalam memberikan argument (Hujjah). Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apa motivasi jamaah mengikuti kegiatan keagamaan yang ada di pondok pesantren Tiryaqul Aghyar? Bagaimana Pengaruh ajaran Imam Al�Ghazali terhadap kehidupan sosial keagamaah jamaah majelis ta’lim diPonpes Tiryaqul Aghyar?” . Metode penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan Psikologis. Sifat dari penelitian ini adalah deskriptif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara yang digunakan kepada informan menggunakan teknik purposive sampling, dan dokumentasi yang didapatkan dari kegiatan sosial keagamaan dari jamaah majelis ta’lim di ponpes Tiryaqul Aghyar. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teori yang digunakan peneliti untuk menganalisis dalam penelitian ini adalah Teori Glock dan Strak yang dikutip oleh Djamaludin Ancok dan Fuad Nashori tentang macam�macam dimensi keagamaan. Hasil penelitian yaitu motivasi jamaah mengikuti kegiatan keagamaan majelis ta’lim yaitu, menambah pengetahuan Agama, Beribadah, Silaturahmi,sebagai terapi hati, Karena ajakan teman dan Kerjasama. Pengaruh ajaran Imam Al-Ghazali yaitu, terciptanya kesadaraan pada jamaah dalam beribadah kepada Allah SWT, Terciptanya ketentraman dan kebahagian dalam menjalankan ibadah,meningkatnya ibadah jamaah setiap hari, ketekunan dalam menjalankan ibadah wajib dan sunnah, mampu melawan hawa nafsu, dan sangat menjunjung tinggi akhlak kepada guru dan orang tua. Adapun ajaran yang diajarkan di ponpes yaitu tasawuf dengan menanamkan sebagian dari ajaran Imam Al-Ghazali kepada jamaah seperti Tazkiyatun Nafs yaitu pembersihan jiwa, Mujahad yaitu, tidak menuruti hawa nafsu, Riadho, Uzlah yaitu, menyendiri dan zuhud yaitu, melepas hati dari pengaruh dunia. Kata Kunci : Imam Al-Ghazali, Sosial Keagamaan, Majelis Ta’lim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 May 2024 03:18
Last Modified: 16 May 2024 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33249

Actions (login required)

View Item View Item