IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUTONOMOUS LEARNING TERHADAP PERILAKU KEMANDIRIAN SISWA KELAS V SD N 02 GUNUNG SULAH BANDAR LAMPUNG

MARDATILLAH, FITRI (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUTONOMOUS LEARNING TERHADAP PERILAKU KEMANDIRIAN SISWA KELAS V SD N 02 GUNUNG SULAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MARDATILLAH FITRI..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru di SDN 02 Gunung Sulah Bandar Lampung telah menggunakan model pembelajaran Autonomous Learning dalam pembelajaran. Tetapi tingkat kemandirian peserta didik di kelas V SDN 02 Gunung Sulah ini masih rendah. Padahal dengan menggunakan model Autonomous Learning seharusnya dapat meningkatkan kemandirian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Autonomous Learning terhadap perilaku kemandirian peserta didik kelas V di SDN 02 Gunung Sulah. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi Teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian saat melaksanakan model pembelajaran Autonomous Learning, pendidik sudah melaksanakan model pembelajaran Autonomous Learning namun disaat pelaksanaan pendidik belum maksimal menerapkan Langkah-langkah. Hal ini di karenakan masih ada beberapa Langkah yang belum dilaksanakan dengan tepat dan konsisten. Langkah yang tidak dilaksanakan ada adalah monitoring (mengawasi) pada Langkah pertama dan kedua yaitu pendidik tidak mengawasi peserta didik saat mengerjakan tugas-tugas pembelajaran. Pendidik juga tidak mengawasi peserta didik selama mengerjakan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan tugas pembelajaran hal tersebut mengakibatkan banyak peserta didik yang mencontek tugas temanya dan tidak kondusif dalam belajar. Adapun faktor pendukung sarana dan prasarana pendukung pembelajaran yang dapat menunjang keberhasilan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Diantaranya adalah: kursi dan meja siswa, kursi dan meja guru, papan tulis, lemari, dan buku faktor pendukung lainya yaitu lcd proyektor. Disamping faktor pendukung ada juga faktor penghambat yaitu ada pada proses pembelajaran berlangsung dimana saat penerapan model autonomous learning pendidik belum siap atau terlatih untuk berperan sebagai fasilitator atau pendukung dalam lingkungan pembelajaran mandiri. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Autonomous Learning, dan perilaku kemandirian. iii ABSTRACT This research was motivated by the fact that teachers at SDN 02 Gunung Sulah Bandar Lampung had used the Autonomous Learning learning model in learning. However, the level of independence of students in class V at SDN 02 Gunung Sulah is still low. In fact, using the Autonomous Learning model should be able to increase students' independence. This research aims to find out how the Autonomous Learning learning model is implemented on the independent behavior of class V students at SDN 02 Gunung Sulah. This type of research uses a qualitative descriptive method using data collection techniques, observation, interviews and documentation. Data analysis through data reduction steps, data presentation, and drawing conclusions. Data validity checking techniques are carried out using technical triangulation, source triangulation, and time triangulation. The results of the research when implementing the Autonomous Learning learning model educators have implemented the Autonomous Learning learning model but during implementation educators have not implemented the steps optimally. This is because there are still several steps that have not been implemented correctly and consistently. The steps that are not implemented are monitoring (supervising) in the first and second steps, namely educators do not supervise students when working on learning tasks. Educators also do not supervise students while working on activities related to learning assignments. This results in many students copying their assignments and this is not conducive to learning. There are supporting factors for supporting learning facilities and infrastructure that can support success in the process of teaching and learning activities. Among them are: student chairs and desks, teacher chairs and desks, blackboards, cupboards, and books. Another supporting factor is the LCD projector. Apart from supporting factors, there are also inhibiting factors, namely in the ongoing learning process where when implementing the autonomous learning model, educators are not ready or trained to act as facilitators or supporters in an independent learning environment. Keywords: Learning Model, Autonomous Learning, and independent behavior

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 May 2024 03:05
Last Modified: 15 May 2024 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33225

Actions (login required)

View Item View Item