PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN GOOGLE SITES PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII DI SMPN 19BANDAR LAMPUNG

MEISELI, MAHARANI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN GOOGLE SITES PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII DI SMPN 19BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB, 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MEISELI MAHARANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi mengenai penggunaan teknologi dalam pembelajaran belum di manfaatkan dengan baik.Bahan ajar yang digunakan dari segi tampilan kurang menarik serta ketersediaan bahan ajar disekolah jumlahnya masih terbatas.Bahan ajar yang digunakan pendidik belum sepenuhnya memuat indikator kemampuan pemecahan masalah.Pendidik belum menggunakan E-Modul berbasis Discovery Learning dengan google sites .Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mendapatkan hasil Pengembangan E-modul Berbasis Discovery Learning dengan google sites pada Materi Sistem Pernapasan manusia Kelas VIII Di SMPN 19 Bandar Lampung,mengetahui kelayakan E-modul,serta mengetahui respon peserta didik dan pendidik pada Pengembangan E-modul Berbasis Discovery Learning pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas VIII Di SMPN 19 Bandar Lampung.Metode yang di gunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan model desain ADDIE dalam proses pengembangan produk e�modul yang terdiri dari lima tahapan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model R&D ADDIE (Analysis,Design,Development,Implementation,Evaluation) adalah model yang menyajikan sistem (grading) dan fase sistem yang ditujukan untuk mencapai hasil pengunaan yang di maksudkan.Tujuan utama dari model pengembangan ini adalah merancang dan mengembangkan produk yang efektif dan efisien.Berdasarkan penerapan filosofi pendidkan ADDIE ,yang harus berpusat pada siswa,inovatif,otentik,dan inspiratif .Tahapan dalam proses model ini perlu dilakukan secara bertahap dan dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan produk pembelajaran yang efektif . Hasil dari penelitian dan pengembangan ini didapatkan penilaian ahli media sangat layak yaitu 88%,ahli materi sangat layak yaitu 86%, ahli Bahasa dengan kategori sangat layak yaitu 88%, nilai uji coba pendidik materi 91%,media 95%,bahasa sangat layak 89%, uji coba terbatas sangat layak yaitu 86%. dan uji skala luas nilai sangat layak 92%, menunjukkan bahwa e-modul layak digunakan. Kata Kunci : Pengembangan, E-modul discovery learning ,Google site,model R&D ,ADDIE. ABSTRACT This research is motivated by the fact that the use of technology in learning has not been utilized properly. The teaching materials used in terms of appearance are less attractive and the availability of teaching materials in schools is still limited. The teaching materials used Educators have not fully included indicators of problem solving abilities. Educators have not used Discovery Learning based E-Modules with Google Sites. The aim of this research and development is to obtain the results of Discovery Learning Based E-module Development using Google Sites on Class VIII Human Respiratory System Material at SMPN 19 Bandar Lampung, find out the feasibility of the E-module, and find out the response of students and educators to the E�module Development Based on Discovery Learning on Human Respiratory System Material in Class VIII at SMPN 19 Bandar Lampung. The method used in this research is using the ADDIE design model in the e-module product development process which consists of five stages. This development research uses the ADDIE R&D model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) which is a model that presents systems (grading) and system phases aimed at achieving the intended use results. The main objective of this development model is to design and develop products which is effective and efficient. Based on the application of the ADDIE educational philosophy, which must be student-centered, innovative, authentic and inspiring. The stages in this model process need to be carried out in stages and carried out thoroughly to ensure effective learning products. The results of this research and development showed that the media expert's assessment was very appropriate, namely 88%, the material expert was very suitable, namely 86%, the language expert was in the very appropriate category, namely 88%, the test score for material educators was 91%, the media was 95%, the language expert was very suitable 89 %, limited trial very feasible 86%. and the broad test value is very feasible 92%, indicating that the e-module is suitable for use Keywords: Development, E-module discovery learning, Google site, human respiratory system,R&D, ADDIE

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 May 2024 08:03
Last Modified: 14 May 2024 08:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33219

Actions (login required)

View Item View Item