PENGARUH METODE PQRST ( PRIVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE , TEST) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

MELY, YANA SARI (2024) PENGARUH METODE PQRST ( PRIVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE , TEST) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSII  MELY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu faktor rendahnya hasil belajar PAI yakni pada pembelajaran PAI peserta didik sulit memahami materi yang disampaikan pendidik, terkadang merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran, dan kondisi pembelajaran yang kurang kondusif sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman materi pembelajaran PAI serta proses pembelajaran yang belum maksimal, mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik, untuk mengatasi hal tersebut peneliti memilih Metode PQRST (Priview, Question, Read, Summarize, Test) agar peserta didik terlibat langsung dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode PQRST (Priview, Question, Read, Summarize, Test) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni teknik cluster random sampling dan non probality sampling, kelas X. 4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode PQRST (Priview, Question, Read, Summarize, Test), dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol yang menggunakan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Riview). Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, angket, dan tes pilihan ganda yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana untuk menjawab uji hipotesis. Pada hasil analisis data, hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari rata rata hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang memiliki nilai lebih tinggi dari kelas kontrol, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai rata rata hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 87,43, sedangkan untuk nilai rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol yaitu 78,57. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima atau Metode PQRST (Priview, Question, Read, Summarize, Test) berpengaruh signifikasi terhadap terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Kata kunci : Metode PQRST, Hasil Belajar, Peserta Didik iv ABSTRACT One of the factors of low PAI learning outcomes is that in PAI learning students find it difficult to understand the material presented by educators, sometimes they feel bored in participating in learning, and learning conditions are less conducive, causing a lack of understanding of PAI learning material and the learning process is not optimal, resulting in low results. students' learning, to overcome this, the researcher chose the PQRST method (Priview, Question, Read, Summarize, Test) so that students are directly involved in learning. This research aims to determine the effect of the PQRST (Priview, Question, Read, Summarize, Test) method on student learning outcomes in Islamic Religious Education (PAI) subjects at SMA Negeri 1 Bandar Lampung. This research is research with a quantitative approach and the sampling technique in this research is cluster random sampling and non probability sampling technique, class .5 as a control class using the SQ3R Method (Survey, Question, Read, Recite, Review). Researchers used data collection techniques with documentation, questionnaires and multiple choice tests to determine student learning outcomes. The data analysis technique in this research uses a simple linear regression test to answer the hypothesis test. In the results of data analysis, student learning outcomes can be seen from the average learning outcomes of students between the experimental class which have higher scores than the control class. This can be proven from the results of data analysis which shows that the average value of learning outcomes in the experimental class is 87.43, while the average value of learning outcomes in the control class is 78.57. The results of this research show a sig value. (2-tailed) namely 0.000 < 0.05 so it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted or the PQRST method (Priview, Question, Read, Summarize, Test) has a significant effect on student learning outcomes in PAI subjects at SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Keywords: PQRST method, learning outcomes, students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 May 2024 07:27
Last Modified: 14 May 2024 08:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33215

Actions (login required)

View Item View Item