PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE BANKING TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF NASABAH (Studi Komparasi pada BSI KCP Kotabumi dan BRI KCP Kotabumi)

Yolanda, Sari Utami (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE BANKING TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF NASABAH (Studi Komparasi pada BSI KCP Kotabumi dan BRI KCP Kotabumi). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI  Yolanda Sari Utami.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peningkatan penggunaan mobile banking membuktikan bahwa banyak nasabah yang tertarik menggunakan mobile banking, banyaknya kemudahan ini dapat menimbulkan beberapa masalah seperti munculnya perilaku konsumtif dikalangan masyarakat. Budaya konsumtif merupakan salah satu budaya turun temurun dan secara tidak sadar telah bertahan di Indonesia. Sehingga Mobile Banking menjadi solusi untuk memudahkan pembayaran dan hal inilah yang menjadi awal pengenalan para remaja memakai BSI Mobile dan BRI Mobile tidak hanya untuk pembayaran UKT saja tetapi bisa juga untuk berbelanja dan digunakan sampai saat ini. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan Mobile Banking BSI, Mobile Banking BRI berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif pada Nasabah. Serta apakah terdapat perbedaan Perilaku Konsumtif Nasabah pengguna Mobile Banking BSI dan BRI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang mana data diperoleh dari bantuan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuesioner tersebut dibagikan kepada 100 orang responden. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan Teknik Purposive Sampling dengan kriteria khusus yaitu Nasabah pengguna Mobile Banking dari Bank BRI dan BSI KCP Kotabumi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dengan alat analisis SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Mobile Banking terhadap Perilaku Konsumtif Pada Nasabah di BSI KCP Kotabumi. Yang artinya hasil hipotesis pertama diterima. Dan hipotesis kedua hasilnya diterima. Artinya Penggunaan Mobile Banking juga berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif Pada Nasabah di BRI KCP Kotabumi. Sedangkan untuk hipotesis ketiga yang pengujiannya menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan nilai Sig. 0,033 > 0,05 hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara Perilaku Konsumtif Pada Penggunaan Mobile Banking BSI dan Mobile Banking BRI. Kata Kunci: Mobile Banking, Perilaku Konsumtif, BSI dan BRI iv ABSTRACT The increase in the use of mobile banking proves that many customers are interested in using mobile banking, this many conveniences can cause several problems such as the emergence of consumer behavior among the public. Consumer culture is a culture that has been passed down from generation to generation and has unconsciously survived in Indonesia. So Mobile Banking became a solution to make payments easier and this was the beginning of the introduction of teenagers to using BSI Mobile and BRI Mobile not only for UKT payments but also for shopping and is used to this day. So the problem formulation in this research is whether the use of BSI Mobile Banking, BRI Mobile Banking has an effect on customer consumer behavior. As well as whether there are differences in consumer consumer behavior of BSI and BRI Mobile Banking users. This study uses a quantitative approach. The type of data used in this research is primary data where data is obtained with the help of a research instrument in the form of a questionnaire. The questionnaire was distributed to 100 respondents. Sampling was carried out using Purposive Sampling Technique with special criteria, namely Customers using Mobile Banking from Bank BRI and BSI KCP Kotabumi. Meanwhile, the data analysis method used in this research is simple linear regression analysis with the SPSS 21 analysis tool. The research results show that there is an influence of the use of Mobile Banking on consumer behavior among customers at BSI KCP Kotabumi. Which means the results of the first hypothesis are accepted. And the second hypothesis is accepted. This means that the use of Mobile Banking also influences the consumer behavior of customers at BRI KCP Kotabumi. Meanwhile, for the third hypothesis, the test uses the Independent Sample T-Test with a Sig value. 0.033 > 0.05, this proves that there is a significant difference between consumer behavior when using BSI Mobile Banking and BRI Mobile Banking. Keyword : Mobile Banking, Consumptive Behaviour, BSI and BRI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 May 2024 05:14
Last Modified: 14 May 2024 05:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33211

Actions (login required)

View Item View Item