MANAJEMEN KELAS DI MTS NURUL IMAN KEBUN TEBU LAMPUNG BARAT

M.Nopriyansyah, Darius (2024) MANAJEMEN KELAS DI MTS NURUL IMAN KEBUN TEBU LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Nopriyansyah ok.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen kelas adalah suatu usaha yang dengan sengaja dilakukan guna mencapai tujuan pengajaran. Kesimpulan yang sangat sederhana adalah, bahwa pengelolaan kelas merupakan kegiatan pengaturan kelas untuk kepentingan pengajaran. Tujuan pengelolaan kelas adalah agar setiap anak di kelas dapat bekerja dengan tertib sehingga segera tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efesien. Penelitian ini mengunakan deskriptif kualitatif,dengan sumber data penelitiannya adalah wali kelas,murid,dan kepala sekolah MTs Nurul Iman KebunTebu Lampung Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen kelas di MTs Nurul Iman Kebun Tebu Lampung Barat. Adapun teknik pengumpulan data yang di lakukan dengan cara wawancara,observasi dan dokumentasi uji keabsahan data dalam penelitian ini mengunakan trianggulasi sumber penelitian dilakukanuntuk membandingkan hasil wawancara,observasi dan dokumentasi. Tujuanya adalah untuk mempertangung jawabkan kredibilitas data dalam penelitian yang penulis lakukan. Teknik analisis yang di gunakan terbagi menjadi empat yaitu pengumpulan data,reduksi data,penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa manajemen kelas di MTs Nurul Iman Kebun Tebu Lampung Barat sudah sesuai dengan indikator. manajemen kelas di MTs Nurul Iman Kebun Tebu Lampung Barat menerapkan pengaturan siswa dan pengaturan fasilitas. Pengaturan siswa yaitu berkaitan dengan pemberian stimulus dalam rangka membangkitkan dan mempertahankan kondisi motivasi siswa untuk secara sadar berperan aktif dan terlibat dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Manifestasinya dapat berbentuk kegiatan, tingkah laku, suasana yang diatur atau diciptakan oleh guru dengan memberikan stimulus kepada siswa seperti ikut serta berperan aktif dalam proses pendidikan dan pembelajaran secara penuh. Pengaturan siswa yang meliputi pembentukan organisasi siswa,pengelompokansiswa,penugasan siswa,pembimbingan siswa,pembinaan hubungan baik,kedisiplinan siswa dan raport dan kenaikan kelas. Pengaturan fasilitas yang meliputi pengaturan tempat duduk,pengaturan alat-alat pengajaran,penataan keindahan dan iv kebersihan ruangan kelas dan ventilasi dan pengatruan cahaya sebagai inventaris kelas. Kata Kunci: Manajemen Kelas v ABSTRACT Classroom management is an effort that is deliberately made to achieve teaching goals. A very simple conclusion is, that classroom management is a classroom setting activity for the benefit of teaching. The purpose of classroom management is so that every child in the class can work in an orderly manner so that teaching goals are immediately achieved effectively and efficiently. This study used qualitative descriptive, with the source of the research data being homeroom teachers, students, and principals of MTs Nurul Iman West Lampung Sugarcane Plantation. The purpose of this study was to find out how class management in MTS Nurul Iman West Lampung Sugarcane Plantation. The data collection techniques carried out by means of interviews, observations and documentation of data validity tests in this study using trianggulation of research sources were carried out to compare the results of interviews, observations and documentation. The goal is to hold accountable the credibility of the data in the research that the author conducted. The analysis techniques used are divided into four, namely data collection, data reduction, data presentation, and conclusions. Based on the underlying research, class management at MTs Nurul Iman Kebun Tebu Lampung Barat is in accordance with the indicators. Classroom management in Nurul Iman Kebun Tebu West Lampung implements student arrangements and facility arrangements. Student regulation is related to the provision of stimulus in order to generate and maintain the condition of student motivation to consciously play an active role and be involved in the educational and learning process at school. The manifestation can be in the form of activities, behaviors, atmosphere that is regulated or created by the teacher by providing stimulus to students such as participating actively in the full education and learning process. Student arrangements which include the formation of student organizations, student groupings, student assignments, student guidance, fostering good relations, student discipline and report cards and class advancements. Facility arrangements which include seating arrangements, teaching equipment arrangements, beautiful vi arrangements and classroom cleanliness and ventilation and light traction as classroom inventory. Keywords: Classroom Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 May 2024 04:21
Last Modified: 14 May 2024 05:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33204

Actions (login required)

View Item View Item