Pengaruh performance assesment dengan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap keterampilan proses sains dan konsep diri peserta didik SMP Negri 19 Bandar Lampung

Windarti, W (2017) Pengaruh performance assesment dengan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap keterampilan proses sains dan konsep diri peserta didik SMP Negri 19 Bandar Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of WINDARTI_NW.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan proses sains dan konsep diri yang belum dikembangkan oleh guru IPA, maka penulis melakukan penelitian dengan judul pengaruh performance assesment dengan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap keterampilan proses sains dan konsep diri peserta didik SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Rumusan masalah pada penelitian ini ada dua, yang pertama apakah terdapat pengaruh performance assesment dengan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap keterampilan proses sains dan yang kedua apakah terdapat pengaruh performance assesment dengan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap konsep diri peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain The matching only posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 30 peserta didik kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrument soal keterampilan proses sains berbentuk soal pilihan ganda berjumlah 20 butir dan angket konsep diri peserta didik menggunakan skala likert. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh performance assesment dengan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap keterampilan proses sains dan konsep diri peserta didik. Analisis data menggunakan Uji t Independent, data hasil perhitungan nilai posttest keterampilan proses sains pada kelas kontrol dan kelas ekperimen dilihat dari t Hitung (2.34) > t Tabel (2.00), maka HO ditolak dan H1 diterima. Dan data hasil nilai posttest angket konsep diri pada kelas kontrol dan kelas ekperimen dilihat dari t Hitung (4.35) > t Tabel (2.00), maka HO ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh performance assesment dengan pendekatan jelajah alam sekitar terhadap keterampilan proses sains dan konsep diri peserta didik SMP Negeri 19 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Mar 2017 01:55
Last Modified: 13 Mar 2017 01:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item