PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REFRAMING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TULANG BAWANG TENGAH

Vinny, Tereza Putri (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REFRAMING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TULANG BAWANG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK VINNY TEREZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari, saat ini bangsa Indonesia sedang berupaya dalam meningkatkan mutu pendidikan untuk menghadapi perkembangan zaman. Dunia pendidikan diharapkan mampu mewujudkan cita-cita bangsa dan tujuan pendidikan nasional. Dengan rasa percaya diri, seseorang akan mampu mengendalikan berbagai hal yang terjadi dengan kemampuan yang dia miliki. Seseorang yang memiliki rasa percaya diri pasti akan selalu belajar dari pengalaman hidupnya sehingga dirinya selalu berproses untuk menjadi berkembang ke arah yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Reframing dalam Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik di SMA N 1 Tulang Bawang Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif, dengan quasi eksperimen one group pretest dan posttest. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi ialah peserta didik kelas X4 SMAN 1 Tulang Bawang Tengah sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X4 sebanyak 5 peserta didik yang memiliki kepercayaan diri yang rendah. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti terhadap peserta didik kelas X SMAN 1 Tulang Bawang Tengah diperoleh kesimpulan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik reframing berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari skor rata-rata pretest sebesar 61,50 meningkat menjadi 93,90 pada skor posttest, dengan gain score 32,40. Rekomendasi bagi guru BK teknik reframing ini bisa digunakan untuk semua peserta didik yang mengalami masalah kepercayaan diri, teknik reframing ini dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dengan sudut pandang yang lebih positif, diharapkan juga untuk guru bimbingan dan konseling dapat menambah sarana dan prasarana seperti : ruang bimbingan dan konseling supaya lebih memudahkan lagi proses konseling yang ada disekolah. Bagi peserta didik teknik reframing bukan hanya dapat diterapkan diruang konseling, tetapi bisa juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya seperti ikut kegiatan yang ada di masyarakat sekitar (RISMA) dan bagi peneliti iii selanjutnya yang akan melakukan penelitian tentang kepercayaan diri peserta didik dapat bekerja sama terlebih dahulu dengan pihak lain seperti guru BK maupun wali kelas, serta bila perlu didahului dengan konseling individu, atau dengan metode penelitian yang berbeda. Kata kunci : Layanan Konseling Kelompok, Teknik Reframing, Kepercayaan Diri iv ABSTRACT Education is something that is very important for everyday life, currently the Indonesian people are making efforts to improve the quality of education to face current developments. The world of education is expected to be able to realize the nation's ideals and national education goals. With self-confidence, a person will be able to control various things that happen with the abilities he has. A person who has self-confidence will always learn from his life experiences so that he is always in the process of developing in a better direction. The aim of this research is to determine the effect of group counseling services using the reframing technique in increasing students' self-confidence at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. The type of research used is quantitative, with a quasi�experimental one group pretest and posttest. This method is called a quantitative method because the research data is in the form of numbers and analysis uses statistics. In this study, the population was class X4 students at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. The samples in this study were 5 students from class. Based on the results of research carried out by researchers on class This is shown by the average pretest score of 61.50 increasing to 93.90 in the posttest score, with a gain score of 32.40. Recommendations for BK teachers this reframing technique can be used for all students who experience self-confidence problems. This reframing technique can be used to increase students' self-confidence from a more positive perspective. It is also hoped that guidance and counseling teachers can add facilities and infrastructure such as: guidance and counseling rooms to make the counseling process at school easier, for students, the reframing technique can not only be applied in the counseling room, but can also be applied in everyday life. the day is. for example, taking part in activities in the surrounding community (RISMA) and for further researchers who will conduct research on student self-confidence can collaborate first with other parties such as guidance and counseling teachers or homeroom teachers, and if necessary, precede it with individual counseling, or with different research methods. Keywords: Group Counseling Services, Reframing Techniques, Self Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 May 2024 07:38
Last Modified: 13 May 2024 08:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33189

Actions (login required)

View Item View Item