PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS IV DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG

Alvina, Santi (2024) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS IV DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALVINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS IV DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG Oleh Alvina Santi Pada penelitian ini terdapat rumusan masalah, yaitu apakah ada pengaruh metode outdoor study terhadap kemandirian dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya kelas IV. Suasana kelas tidak kondusif selama pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya berlangsung. Hasil belajar Seni Budaya Dan Prakarya peserta didik rendah, dengan nilai <70. Rendahnya keaktifan peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung. Karena peserta didik lebih banyak mengobrol atau bermain dengan temannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Metode Outdoor Study Berpengaruh Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SBDP Kelas IV. Metode penelitian ini merupakan quasi eksperimen, Desain yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design. Pada desain ini (pretest-posttest control group). Populasi penelitian ini seluruh peserta didik Kelas IV di MIN 2 Bandar Lampung. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 28 peserta didik Kelas IV A dan kelas IV B di MIN 2 Bandar Lampung yang di pilih secara purposive sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian yang telah diperoleh di uji menggunakan Uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis menggunakan T-test. Uji normalitas kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal, untuk uji homogenitas hasil pretest dan posttest diperoleh sampel tersebut homogen, dan selanjutnya dilakukannya melakukan uji hipotesis signifikansi sebesar 0,204 oleh karena nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 maka ditolak dan diterima. iv ABSTRACT THE INFLUENCE OF THE OUTDOOR STUDY METHOD ON THE INDEPENDENCE AND LEARNING OUTCOMES OF STUDENTS IN CLASS IV ARTS, CULTURE AND CRAFTS SUBJECTS AT MIN 2 BANDAR LAMPUNG By Alvina Santi In this study, there is a formulation of the problem, namely whether there is an influence of the outdoor study method on the independence and learning outcomes of students in the subjects of art, culture and crafts grade IV. The classroom atmosphere is not conducive during the learning of Art, Culture and Crafts. The learning outcomes of Cultural Arts and Crafts students are low, with a score of <70. Low student activity during learning. Because students chat more or play with their friends. The purpose of this study is to determine the Outdoor Study Method Affects the Independence and Learning Outcomes of Students in SBDP Class IV Subjects. This research method is a quasi-experiment, the design used is Non-Equivalent Control Group Design. In this design (pretest-posttest control group). The population of this study was all Class IV students at MIN 2 Bandar Lampung. The subjects in this study amounted to 28 students of Class IV A and Class IV B at MIN 2 Bandar Lampung who were selected by purposive sampling. Data collection techniques using tests and questionnaires. The results of the research that have been obtained are tested using the normality, homogeneity, and hypothesis tests using the T-test. The normality test of the experimental class and the control class is declared to be normally distributed, for the homogeneity test the results of the pretest and posttest obtained homogeneous samples, and then carried out a significance hypothesis test of 0.204 because the significance value is greater than 0.05, the H_o is rejected and H_i accepted

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 May 2024 07:26
Last Modified: 13 May 2024 08:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33187

Actions (login required)

View Item View Item