IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK DARUL A’MAL KOTA METRO

ANDRI, SAPUTRA (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK DARUL A’MAL KOTA METRO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Bab 1-2 & Dapus..pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Andri Saputra Nih BoZZ pdf.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul implementasi model pembelajaran assure dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Darul A’mal kota Metro. Pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah mata pelajaran yang sangat penting dalam bidang ilmu pengetahuan Islam. Kemampuan komunikasi peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Darul A’mal masih rendah karena selama ini seorang guru selalu menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini akan di coba dengan menggunakan model assure dengan metode yang bervariasi yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, dan kreatifitasnya. untuk menggali potensi-potensi, bakat, kecerdikan, keaktifan, khususnya kemampuan komunikasi peserta didik. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan masalah yaitu: Apakah implementasi model pembelajaran Assure dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembelajaran Assure dalam meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKJ B SMK Darul A’mal Kota Metro pada tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Assure adalah suatu panduan mengenai cara untuk merencanakan dan melaksanakan instruksional dalam penggunaan media. ASSURE (Analyze learners, State objectives, Select methode, media and materials, Utilize media and materials, Require learner participation, Evaluate and revise) merupakan salah satu model pembelajaran yang lebih terfokus di dalam kelas, sederhana dan digunakan pada aktivitas pembelajaran yang menggunakan media dan teknologi pembelajaran. Sistem pembelajaran Assure adalah suatu model sistem pembelajaran yang bersifat praktis dan mudah diimplementasikan untuk mendesain aktifitas pembelajaran. iv Kemampuan komunikasi adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam melakukan hubungan dua arah atau interaksi baik secara verbal maupun non verbal dengan menggunakan gambar, isyarat, symbol, ekspresi wajah atau tulisan. Dalam penelitian ini, kemampuan komunikasi yang dimaksud adalah kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi terutama dalam menyampaikan pendapatnya di depan kelas dan memahami pesan yang diterima. Kemudian Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian, dan keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran agama Islam, yang dilaksanakan sekurang�kurangnya melalui mata pelajaran pada semua jenjang pendidikan. Berdasarkan hasil observasi kemampuan komunikasi peserta didik pada siklus I masih terbilang rendah, Berdasarkan hasil pengamatan pada setiap siklus, siklus I memiliki rata-rata persentase kemampuan komunikasi peserta didik adalah 63%. Rata-rata kemampuan komunikasi peserta didik pada siklus II meningkat 18% menjadi 81%. Berdasarkan hasil observasi yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Assure dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik kelas X TKJ B di SMK Darul A’mal Kota Metro pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Model Assure, Kemampuan Komunikasi, Pendidikan Agama Islam v ABSTRACT This research is entitled the implementation of the assure learning model in an effort to improve the communication skills of grade X students in the Islamic education subject at SMK Darul A’mal in Metro city. Islamic Religious Education is a very important subject in the field of Islamic knowledge. The communication skills of students in Islamic religious education at SMK Darul A’mal are still low because a teacher always uses lecture methods, question and answer sessions, and assignments in the learning process. In this research, it will be tried to use the assure model with varied methods that are in accordance with the characteristics of students and their creativity, to explore the potentials, talents, intelligence, activeness, especially the communication skills of students. To identify several problems in the research, the problem is formulated as follows: Can the implementation of the Assure learning model improve the communication skills of students in the subject of Islamic Religious Education?. The purpose of this research is to determine the Assure learning model in improving the communication skills of students in the subject of Islamic Religious Education. The subjects in this study are grade X students of TKJ B at SMK Darul A’mal Metro City in the academic year 2023/2024, totaling 30 students. This research consists of two cycles and each cycle consists of four main stages: planning, implementation, observation, and reflection. Assure is a guide on how to plan and implement instructional media usage. ASSURE (Analyze learners, State objectives, Select method, media and materials, Utilize media and materials, Require learner participation, Evaluate and revise) is one of the more focused learning models in the classroom, simple and used in learning activities that utilize media and learning technology. The Assure learning system is a practical and easily implementable learning system model to design learning activities. Communication skills are the abilities that someone possesses in conducting two-way relationships or interactions, both verbally and non-verbally, using images, gestures, symbols, facial expressions, or writing. In this study, the communication skills referred to are the students' ability to communicate, especially in expressing vi their opinions in front of the class and understanding the received messages. Then Islamic Religious Education is education that provides knowledge and shapes the attitudes, personalities, and skills of students in practicing the teachings of Islam, which are carried out at least through subjects at all levels of education. Based on the observation results in each cycle, cycle I has an average percentage of student communication skills of 63%. The average communication skills of students in cycle II increased by 18% to 81%. Based on the observation results obtained, it can be concluded that the implementation of the Assure learning model can improve the communication skills of grade X TKJ B students at SMK Darul A’mal Metro City in the subject of Islamic Religious Education. Keywords: Assure Model, Communication Skills, Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 May 2024 06:45
Last Modified: 13 May 2024 08:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33183

Actions (login required)

View Item View Item