IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM BERPAKAIAN SISWA DI SMPN 27 BANDAR LAMPUNG

ISYAMUDDIN, AL KASYAF (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM BERPAKAIAN SISWA DI SMPN 27 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran PAI dalam berpakaian siswa di SMPN 27 Bandar Lampung dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian pembelajaran PAI dalam berpakaian siswa di SMPN 27 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif Miles dan Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran PAI Dalam Berpakaian Siswa di SMPN 27 Bandar Lampung suduh cukup baik dilaksanakan di SMPN 27 Bandar Lampung. Implementasinya dapat dilihat di mana rata-rata siswa muslim keseluruhan sudah berpakaian menutup aurat. Faktor pendukungnya adalah guru PAI juga mendapat dukungan dari pihak sekolah dan para guru dalam mengimplementasikan pembelajaran PAI dalam berpakaian siswa muslim untuk menutup aurat. Faktor penghambatannya adalah beberapa siswa yang memakai pakaian yang ketat, transparan. Hal ini disebabkan munculnya model pakaian yang mengarahkan pada pakaian yang jauh dari aturan Islam, yang cenderung ketat, transparan dan membentuk lekuk tubuh . Kata Kunci : Berpakaian Siswa, Pembelajaran PAI, Implementasi iv ABSTRACT This research aims to determine the implementation of PAI learning in dressing students at SMPN 27 Bandar Lampung and determine the supporting and inhibiting factors for implementing PAI learning in dressing students at SMPN 27 Bandar Lampung. This research uses qualitative research and a phenomenological approach. Data collection using observation methods, interview methods, and documentation. Meanwhile, data analysis uses Miles and Hubermen's descriptive data, which consists of data reduction, data presentation, and conclusion/verification. The results of this research indicate that the implementation of PAI learning in student clothing at SMPN 27 Bandar Lampung has been implemented quite well at SMPN 27 Bandar Lampung. The implementation can be seen where on average Muslim students as a whole are dressed to cover their private parts. The supporting factor is that PAI teachers also receive support from the school and teachers in implementing PAI learning in dressing Muslim students to cover their private parts. The inhibiting factor is that some students wear tight, transparent clothing. This has led to the emergence of clothing models that lead to clothing that is far from Islamic rules, which tend to be tight, transparent and shape the curves of the body. Keywords: Student Dress, PAI Learning, Implementation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 May 2024 06:31
Last Modified: 13 May 2024 08:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33182

Actions (login required)

View Item View Item