ANALISIS STRATEGI BERSAING BPRS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN SWOT BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada BPRS Metro Madani KC Jatimulyo)

FADHILAH, LAELA SYARIFAH (2024) ANALISIS STRATEGI BERSAING BPRS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN SWOT BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada BPRS Metro Madani KC Jatimulyo). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FADHILAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Metro Madani KC Jatimulyo Lampung Selatan merupakan salah satu lembaga keuangan berbasis syariah. Dalam melakukan proses promosi pada produk dan jasanya guna meningkatkan jumlah nasabah diperlukan strategi pemasaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing dan penerapan SWOT di BPRS Metro Madani KC Jatimulyo Lampung Selatan guna meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan data-data mengenai penelitian. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan diperkaya dengan data kepustakaan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif analisis dengan sumber data yaitu primer dan data sekunder. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pendekatan berfikir induktif. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa strategi bersaing yang dilakukan BPRS Metro Madani cabang Jatimulyo Lampung Selatan dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu menggunakan Segmentasi, Targeting dan Positioning. Selain itu, dalam memasarkan produknya diterapkan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri atas 4P yaitu Strategi Product (produk), Strategi Price (harga), Strategi Place (tempat/saluran distribusi) dan Strategi Promotion (promosi) yang menggunakan periklanan (advertising) dan promosi penjualan (personal selling) dengan menerapkan strategi jemput bola. Hasil penelitian menggunakan analisis SWOT pada faktor internal terdapat selisih 1,05 dan pada eksternal terdapat selisih 0,35. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan analisis SWOT dalam strategi pemasaran pada BPRS Metro Madani KC Jatimulyo Lampung Selatan masuk pada tipe kuadran 1 (positif, positif) yang merupakan posisi yang sangat menguntungkan dimana perusahaan memiliki kekuatan dan peluang yang tinggi. Berdasarkan perspektif islam didapat beberapa prinsip yang digunakan yaitu prinsip kejujuran, tabligh, amanah dan istiqomah . Kata Kunci: Strategi Bersaing, Pemasaran Produk, SWOT. ABSTRACT Sharia People's Financing Bank (BPRS) Metro Madani KC Jatimulyo South Lampung is a sharia-based financial institution. In carrying out the promotional process for products and services to increase the number of customers, a good marketing strategy is needed. This research aims to determine the competitive strategy and application of SWOT at BPRS Metro Madani KC Jatimulyo South Lampung in order to increase the number of customers. This research uses interview and documentation methods. Interviews were conducted with the Head of Operations, Marketing, Branch Heads, and wadi'ah savings customers. This method is used to obtain data regarding research. The method in this research is field research and is enriched with library data. The nature of this research is descriptive qualitative analysis with data sources, namely primary and secondary data. Meanwhile, data analysis was carried out using an inductive thinking approach. Based on research, it was found that the competitive strategy for wadi'ah savings products carried out by BPRS Metro Madani Jatimulyo South Lampung branch to increase the number of customers was using Segmentation, Targeting and Positioning. Apart from that, in marketing its products a marketing mix strategy is implemented which consists of 4Ps, namely Product Strategy (product), Price Strategy (price), Place Strategy (place/distribution channel) and Promotion Strategy (promotion) which uses advertising (advertising). ) and sales promotion (personal selling) by implementing a pick-up-the-ball strategy. The results of research using SWOT analysis on internal factors there is a difference of 1.05 and on external factors there is a difference of 0.35. Thus, it can be concluded that the application of SWOT analysis in the marketing strategy at BPRS Metro Madani KC Jatimulyo South Lampung falls into quadrant type 1 (positive), which is a very profitable position where the company has high strengths and opportunities. Keywords: Competitive Strategy, Promotion Products, SWOT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2024 04:39
Last Modified: 03 Jun 2024 08:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33131

Actions (login required)

View Item View Item