PENGARUH MEDIA KARTU BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK EKOSISTEM

Suryani, S (2017) PENGARUH MEDIA KARTU BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK EKOSISTEM. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SEKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu bergambar melalui model pembelajaran examples non examples terhadap keterampilan berpikir kritis dan afektif peserta didik pada materi pokok ekosistem. Metode penelitian ini menggunakan Quasy Ekspeiment dengan desain penelitian Posttest Control Groups Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 28 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan secara acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes dan angket afektif. Instrumen penelitian terdiri dari tes Keterampilan berpikir kritis dan angket ranah afektif. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t independent dengan uji syarat uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan, rata-rata nilai posttest Keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 82,36 dengan kriteria baik sedangkan pada kelas kontrol sebesar 77,94 dengan kriteria baik. Rata-rata nilai ranah afektif pada kelas eksperimen sebesar 85,05 dengan kriteria baik sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai ranah afektif sebesar 79,62 dengan kriteria baik. Data hasil keterampilan berpikir kritis dan ranah afektif dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji prasayat uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan bahwa data berasal dari distribusi normal dan bersifat homogen. Berdasarkan analisis uji hipotesis pengaruh media kartu bergambar melalui model pembelajaran examples non examples terhadap keterampilan berpikir kritis thitung = 2,18 > ttabel(0,05) = 1,997 dengan db 65, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media kartu bergambar melalui model pembelajaran examples non examples terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem. Sedangkan pada uji hipotesis ranah afektif didapatkan hasil thitung = 3,27 sedangkan ttabel (0,05) = 1,997 dengan db 65. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media kartu bergambar melalui model pembelajaran examples non examples terhadap ranah afektif peserta didik pada materi ekosistem

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Mar 2017 01:56
Last Modified: 13 Mar 2017 01:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/328

Actions (login required)

View Item View Item