GAME ONLINE DAN EFEK PROBLEMATIKANYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

Setianingsih, Ayu (2018) GAME ONLINE DAN EFEK PROBLEMATIKANYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Besar pertumbuhan penggunaan internet ini jauh lebih besar dari jumlah pertumbuhan penduduk di Indonesia yang tidak lebih dari 3% per tahun. Hal tersebut makin meyakinkan bahwa internet dapat menjadi media baru yang akan dinikmati seluruh masyarakat Indonesia. Internet adalah inti dari komunikasi yang bermedia komputer, internet menghubungkan ribuan jaringan komputer, menyediakan jumlah informasi yang luar biasa banyaknya. Salah satu bukti dari perkembangan internet adalah dengan hadirnya game online, yakni sebuah permainan yang dilakukan secara online. Arti game itu sendiri merupakan sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan alasan untuk menghibur diri. Game online tidak akan memiliki pengaruh bagi kehidupan jika kehadirannya tidak digunakan oleh sebagian orang. Kini banyak orang yang melakukan aktivitas sehari-harinya dengan bermain game online baik di lakukan di rumah sendiri maupun di warnet. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 7 Bandar Lampung ? Bagaimana solusi alternatif terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 7 Bandar Lampung? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 7 Bandar Lampung, Untuk mengetahui solusi alternatif untuk mengatasi dampak game online terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian lapangan yang dilakukan dalam kancah kehidupan yang sebenarnya dengan populasi 42 siswa dan sample 7 siswa dengan pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis, dari penelitian penulis Game Online berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa apabila dimainkan secara berlebihan hal ini berdampak dari segi jasmani, segi psikologi , segi waktu siswa , dari segi keuangan, hal-hal tersebut akan mempengaruhi motivasi siswa yang akan berdampak pada prestasi disekolah salah satunya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Solusi alternatif untuk mengatasi siswa yang kecanduan game online adalah Proses belajar-mengajar dan hasil belajar siswa sebagian besar ditentukan oleh peranan guru. dan orang tua paham akan apa yang dibutuhkan anak, serta memberikan perhatian yang lebih pada anak. Kata Kunci: Game online dan Motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2018 03:51
Last Modified: 01 Mar 2018 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3271

Actions (login required)

View Item View Item