PENGARUH PRAKTIKUM VIRTUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG

Hidayah, Reni (2017) PENGARUH PRAKTIKUM VIRTUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_RENI_HIDAYAH.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah yang terjadi dilapangan ialah Guru biologi SMA Negeri 10 Bandar Lampung jarang melakukan kegiatan praktikum dikarenakan keterbatasan alat dan bahan serta keterbatasan waktu dalam jam pelajaran sehingga kegiatan praktikum ditiadakan dan guru belum pernah menerapkan pembelajaran praktikum virtual dalam proses pembelajaran. Pada saat pembelajaran kemampuan berpikir kritis siswa cenderung masih rendah dikarenakan hasil rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dibawah 70%. Dengan adanya masalah tersebut maka rumusan masalahnya adalah seberapa besar pengaruh praktikum virtual terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini untuk melihat bagaimana guru bisa menerapkan pembelajaran praktikum virtual berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode week experiment Design. Desain yang digunakan yaitu The One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes, angket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan tiga kelas, satu kelas sebagai kelas penelitian dan dua kelas lainnya sebagai kelas replikasi untuk memperkuat hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pencapaian nilai rata-rata pretest di kelas penelitian 1 sebesar 45,70 dan nilai rata-rata posttest sebesar 80,30 dengan N-gain 0,62. Pada kelas penelitian 2 diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 44,67 dan nilai rata-rata posttest sebesar 81,83 dengan N-gain 0,65, sedangkan pada kelas penelitian 3 diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 45,13 dan nilai rata-rata posttest sebesar 82,93 dengan N-gain 0,68. Uji t paired-samples kemampuan berpikir kritis untuk nilai N-Gain diperoleh Sig.(2-tailed) 0,00 < α (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan uji korelasi linear kelas penelitian 1 praktikum virtual berkontribusi sebesar 79% terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, untuk kelas penelitian 2 praktikum virtual berkontribusi sebesar 83% dan untuk kelas penelitian 3 praktikum virtual berkontribusi sebesar 81%. Kesimpulan dari pembahasan diatas bahwa praktikum virtual berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Kata Kunci : Praktikum Virtual, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Mar 2017 01:56
Last Modified: 13 Mar 2017 01:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item View Item