ANALISIS CITRA MEREK DAN LAYANAN PURNA JUAL SEBAGAI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK VIVO SMARTPHONE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada VIVO Smartphone Bandar Lampung)

fikri, Sayid (2018) ANALISIS CITRA MEREK DAN LAYANAN PURNA JUAL SEBAGAI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK VIVO SMARTPHONE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada VIVO Smartphone Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_SAYID_FIKRI.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Citra Merek adalah sekumpulan ingatan, kesan pada suatu merek yang terbentuk dibenak konsumen. Layanan Purna Jual yaitu suatu layanan yang disediakan oleh produsen kepada konsumen setelah konsumen tersebut membeli produk dari perusahaan tersebut. VIVO Smartphone sangat menarik untuk diteliti karena terdapat banyak sekali yang menjual Handphone khususnya di Bandar Lampung, akan tetapi VIVO Smartphone tetap menjadi yang utama dimata masyarakat sehingga memiliki pencitraan dari reputasi yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk VIVO smartphone, bagaimana pengaruh layanan purna jual terhadap keputusan pembelian produk VIVO smartphone, bagaimana pengaruh citra merek dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian produk VIVO smartphone, dan bagaimana pengaruh citra merek dan layanan purna jual dalam perspektif ekonomi Islam terhadap keputusan pembelian produk VIVO smatphone. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan metode kuestioner/angket. Variabel penelitian yang digunakan yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah mempunyai produk VIVO Smartphone dan sampel yang digunakan didasarkan pada rumus Rao Purba, maka peneliti mengambil sampel sebesar 100 konsumen yang telah mempunyai produk VIVO Smartphone. Teknik pengolahan yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kuantitatif dan analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Variabel Citra Merek berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Layanan Purna Jual tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Citra Merek dan Layanan Purna Jual bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependen/keputusan pembelian. Pengaruh citra merek dan layanan purna jual dalam perspektif ekonomi Islam terhadap keputusan pembelian. Citra merek dalam ekonomi Islam untuk indikator kejujuran dan keadilan sudah dapat dikatakan terpenuhi, di karenakan sebesar 70% dan 65% responden menjawab setuju, untuk indikator amanah memiliki persentasenya yang seimbang yaitu 50% responden menjawab setuju dan 50% responden menjawab tidak setuju. Layanan purna jual dalam ekonomi Islam dapat dikatakan sudah terpenuhi dikarenakan >50% responden menjawab setuju dimana indikator tolong menolong sebesar 69%, memberikan kemudahan sebesar 71%, persamaan sebesar 76%, saling mencintai sebesar 74%, lemah lembut sebesar 71%, dan kekeluargaan sebesar 76%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 26 Feb 2018 02:21
Last Modified: 26 Feb 2018 02:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3242

Actions (login required)

View Item View Item