IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

AJENG, RETNO WINDI (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AJENG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Layanan konseling individu merupakan layanan konseling yang di selenggarakan oleh seorang konselor terhadap seseorang konseli dalam rangka mengentaskan masalah pribadi, dalam suasana tatap muka dilaksanakan interaksi langsung, membahas berbagai hal tentang masalah, salah satunya kedisiplinan. Penelitian ini di latar belakangi adanya peserta didik yang memiliki perilaku kurang disiplin di sekolah, seperti sering terlambat datang ke sekolah, tidak menggunakan atribut dengan lengkap, dan sering alfa atau tidak sekolah tanpa keterangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan konseling individu teknik self management, faktor pendukung dan penghambat konseling individu teknik self management dan hasil dari konseling individu teknik self management dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desain deskriptif dengan alat penggumpul data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling dan 3 orang peserta didik SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori layanan konseling individu dengan teknik self-management dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan konseling individu teknik self management dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik SMK Negeri 7 Bandar Lampung menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan layanan konseling individu yang dilakukan oleh guru BK di SMK Negeri 7 Bandar Lampung sudah baik dan sesuai dengan teori, tetapi masih ada ditemukan kekurangan yang tidak terlalu signifikan. 2) Adapun faktor pendukung yang ditemukan yaitu adanya kerja sama antara kepala sekolah, kesiswaan, guru wali kelas, guru mata pelajaran dan orang tua peserta didik saling bekerja sama dengan guru BK untuk mendukung pelaksanaan bimbingan konseling. Sedangkan faktor penghambat keberhasilan layanan konseling individual di SMK Negeri 7 Bandar Lampung yaitu: ada pada peserta didik, peserta didik tidak mau secara terbuka menceritakan permasalahannya, dan kurangnya kesadaran diri peserta iv didik untuk mau menjadi pribadi yang lebih baik. 3)Pasca konseling individu teknik self management secara signifikan dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Kata kunci : Konseling individu, self management, kedisiplinan v ABSTRACT Individual counseling services is a counseling services organized by a counselor to a conselee in order to alleviate personal problems, in a face to face atmosphere carried out direct interaction, discussing various things about the problem, and one is discipline. The research is in the background of the presence of learnes who have less deciplined behavior in school,such as often late to school, not using attributes with complete, not using and often alpha or no school without desciption. The purpose of this study is to find out how the implementation of individual counseling services self-management techniques, the supporting and inhibiting factors of individual counseling self management techniques and the results of individul counseling techniques in improving the discipline of students of SMK Negeri 7 Bandar Lampung. This research uses a qualitative approach, to descriptive design with data collection tools for observation, interviewing and documentation. The subjects in this study were guidance and counseling teachers and 3 students of SMK Negeri 7 Bandar Lampung. The theory used in this study is the theory of individual counseling services with self-management techniques in improving the discipline of learnes. Based on the results of the study it can be concluded that the individual counseling service self management techniques in improving the discipline of students of SMK Negeri 7 Bandar Lampung show that: 1)The implementation of individual counseling services carried out by guidance and counseling teachers in SMK Negeri 7 Bandar Lampung is good and in accordance with the theory, but there are still not too significant deficiencies. 2)The supporting factors found are the cooperation between the principal, students, homeroom teachers, and parents of students work with guidance and counseling teachers to support the implementaion of counseling guidance. While the factor inhibiting the succes of individual counseling services in SMK Negeri 7 Bandar Lampung is: there are students, students do not want openly tell the problem, and lack of self awareness of learners to want to be a better person. 3)Post individual vi counseling self management techniques can significantly improve the discipline of students of SMK Negeri 7 Bandat Lampung. Keywords: Individual counseling, self management, discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:41
Last Modified: 19 Feb 2024 05:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32402

Actions (login required)

View Item View Item