A N A L I S I S S I Y Ā S A H T A N F I Ż I Y A H TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 5 PERATURAN DAERAH KABUPATEN OGAN KOMERING ULU NO 5 TAHUN 2017 TENTANG PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA LOKAL (Studi di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ogan Komering Ulu)

SERLY, TRYANI (2024) A N A L I S I S S I Y Ā S A H T A N F I Ż I Y A H TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 5 PERATURAN DAERAH KABUPATEN OGAN KOMERING ULU NO 5 TAHUN 2017 TENTANG PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA LOKAL (Studi di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ogan Komering Ulu). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi SERLY TRYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tenaga Kerja ialah seseorang dengan usia yang produktif yang mampu melakukan pekerjaaan guna menghasilkan barang atau jasa dan seseorang yang masih aktif untuk mencari pekerjaan dan belum mendapatkan pekerjaan dapat dikatakan Pengangguran. Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu mengeluarkan peraturan daerah tentang pemberdayaan tenaga kerja lokal yang bertujuan untuk memeratakan tenaga kerja lokal di perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah tersebut, sehingga tidak meningkatnya angka pengangguran di daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana Implementasi Pasal 5 Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu No 5 Tahun 2017 tentang Pemberdayaan Tenaga Kerja Lokal? (2) Bagaimana Analisis siyāsah tanfiżiyah terhadap Implementasi Pasal 5 Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu No 5 Tahun 2017 Tentang Pemberdayaan Tenaga Kerja Lokal di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ogan Komering Ulu Metode Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang dilakukan di Dinas Tenaga Kerja Ogan Komering Ulu, Teknik pengumpulan yang di dapatkan untuk di gunakan yaitu data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini memelui observasi dan wawancara kepada pejabat di dinas tenaga kerja yang berwenang untuk melakukan pemberdayaan tenaga kerja lokal. Untuk menganalisis data digunakan metode kualitatif menggunakan pendekatan berfikir induktif. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Pasal 5 Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu No 5 Tahun 2017 Tentang Pemberdayaan Tenaga Kerja Lokal dalam perspektif siyāsah tanfiżiyah di Kabupaten Ogan Komering Ulu, sudah di laksanakan dinas tenaga kerja telah melakukan upaya sosialisasi ke perusahaan-perusahaan di wilahayah tersebut serta telah membuka pelatihan kerja tetapi hanya di bidang tata rias, tata boga, menjahit dan sebagainya yang berfokus untuk menciptakan lapangan pekerjaan. belum adanya pelatihan pemberdayaan tenaga kerja lokal yang ahli agar dapat bekerja di perusahaan�perusahaan di wilayah kabupaten Ogan Komering Ulu membuat peraturan daerah ini belum terlaksana secara optimal. Dalam Fiqh siyāsah tanfiżiyah ini termasuk kedalam Fiqh siyāsah tanfiżiyah yaitu pelaksanaan peraturan perundang�undangan. Peraturan ini dilaksanakan oleh Al-Sulthān tanfiżiyah yaitu Bupati Ogan Komering Ulu melalui Dinas Tenaga Kerja Ogan Komering Ulu dan sudah sesuai dengan syariat Islam yaitu siddīq, amanah, dan fāthonāh jika dilihat dari Upaya Dinas Tenaga Kerja dalam pemberdayaan tenaga kerja lokal. Pejabat setempat telah berusaha untuk untuk pemberdayaan tenaga kerja lokal tetapi kurangnya fasilitas dan dana serta kerjasama perusahaan-perusahaan yang tidak mentaati ulil āmri di wilayah Ogan Komering Ulu mejadi penghambat dinas tenaga kerja dalam melaksanakan Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu No 5 Tahun 2017 tentang Pemberdayaan Tenaga Kerja Lokal. Kata Kunci : Tenaga Kerja, Peraturan Daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:41
Last Modified: 05 Feb 2024 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32282

Actions (login required)

View Item View Item