PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT BERBANTUAN SWISH MAXMELALUI PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KELAS X

Sukma, Agustien Pranata (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT BERBANTUAN SWISH MAXMELALUI PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KELAS X. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (43MB)

Abstract

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 menyatakan salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah peserta didik diharapkan mempunyai kemampuan yang baik dalam memahami konsep matematis. Hasil analisis TIMSS menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik di Indonesia masih rendah, hal ini dikarenakan seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi yang pesat masih banyak guru yang belum memanfaatkan hasil-hasil teknologi dan menciptakan upaya pembaharuan dalam proses belajar sehingga peserta didik beranggapan bahwa pembelajaran matematika tidak menarik dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis edutainment berbantuan swish max melalui pendekatan metaphorical thinking terhadap pemahaman konsep matematis pada materi trigonometri. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono berdasarkan modifikasi digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Tahapan yang dilakukan hanya tahap 1 hingga tahap 7 yaitu dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk. Hasil penelitian di SMA Negeri 5 Metro kelas X menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran memiliki kriteria sangat baik dengan rata-rata penilaian ahli materi sebesar 89% dan ahli media sebesar 86%. Pada uji kemenarikan memiliki kriteria sangat baik pada kelompok kecil rata-rata presentase sebesar 89% dan uji coba lapangan 90%. Media pembelajaran juga berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik terbukti dari hasil test sebelum dan sesudah menunjukkan peningkatan indikator pemahaman konsep matematis dari kategori rendah menjadi tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik dan meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Edutainment, Swish Max Pendekatan Metaphorical Thingking,Pemahaman Konsep Matematis, Trigonometri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Feb 2018 06:26
Last Modified: 21 Feb 2018 06:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3226

Actions (login required)

View Item View Item