PEMBINAAN AKHLAK PERSPEKTIF HASAN AL-BANNA

Jaya, Sodri (2018) PEMBINAAN AKHLAK PERSPEKTIF HASAN AL-BANNA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP.pdf] PDF
Download (12MB)

Abstract

PEMBINAAN AKHLAK PERSPEKTIF HASAN AL-BANNA Oleh SODRI JAYA ABSTRAK Gejala kemerosotan moral dewasa ini sudah benar-benar menghawatirkan. Kejujuran, kebenaran, keadilan, tolong menolong dan kasih sayang sudah tertutup oleh penyelewengan, penipuan, penindasan, saling menjegal dan saling merugikan. Banyak terjadi adu domba dan fitnah, menipu, mengambil hak orang lain sesuka hati, dan perbuatan-perbuatan maksiat lainnya. Kemerosotan moral yang demikian itu lebih mengkhawatirkan lagi, karena bukan hanya menimpa kalangan orang dewasa dalam berbagai jabatan, kedudukan dan profesinya, melainkan juga telah menimpa kepada para pelajar tunas-tunas muda yang diharapkan dapat melanjutkan perjuangan membela kebenaran, keadilan dan perdamaian masa depan. Pembinaan akhlak menjadi sangat penting dalam usaha pencegahan efek negatif dari perkembangan zaman. Dengan demikian perlu ada kajian mengenai bagaimana pembinaan akhlak menurut beberapa tokoh, dalam hal ini penulis mengkaji pembinaan akhlak perspektif hasan Al-Banna.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian pustaka (library research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengkaji berbagai data terkait, baik yang berasal dari sumber data (primary sources), maupun sumber data pendukung (secoundary sources). Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik “studi pustaka”, yaitu penggunaan sumber-sumber kepustakaan yang ada kaitannya dengan masalah pokok yang telah dirumuskan. Berdasarkan pada jenis data dan tujuan yang akan dicapai, maka strategi analisis yang digunakan adalah “analisis kualitatif”. Strategi ini dilakukan bahwa analisis bertolak dari data-data dan bermuara pada kesimpulan-kesimpulan umum. Adapun teknis analisis datanya dengan menggunakan teknik content analysis Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana Pembinaan Akhlak Menurut Hasan Al-Banna. Secara teoritis kegunaan dari penelitian ini, dapat memperluas cakrawala dan mendalami bidang pembinaan akhlak dan secara praktis, dapat digunakan sebagai panduan ataupun referensi tentang bagaimana berprilaku dengan baik dan benar serta menjadi salah satu sumbangan pemikiran bagi perbaikan pendidikan. Dalam melaksanakan pembinaan akhlak, Hasan Al-Banna menggunakan Program Usrah. Program usrah ini menekankan perlunya unsur-unsur yang dapat membimbing para anggota usrah mencapai puncak keteladanan, mengokohkan ikatan hatinya, dan mengangkat derajat ukhuwahnya, dari kata-kata dan teori menuju realita dan amal nyata. Program usrah ini mempunyai 3 rukun yaitu Ta’aruf (Saling Mengenal), Tafahum (Saling Memahami), Dan Takaful (Saling Menanggung Beban). Di dalam program usrah tersebut mempunyai Pilar-Pilar atau Penopang-penopang fundamental yang menjadi pijakan program yang terbagi menjadi 4 Unsur Yaitu Unsur Taujih (Pengarahan), Unsur Tarbiyah (Pembinaan), Unsur Tadrib (Pelatihan) Dan Unsur Taqwim Wal Mutaba’ah (Evaluasi Dan Kontrol). Adapun Unsur Tarbiyah Terbagi Menjadi Dua Yaitu Unsur Tarbiyah Berwawasan Konsepsional Dan Berwawasan Operasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 20 Feb 2018 03:40
Last Modified: 20 Feb 2018 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3215

Actions (login required)

View Item View Item