ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SIAKAD TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2013-2016)

MAYASARI, RIKA (2018) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SIAKAD TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2013-2016). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (15MB)

Abstract

Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang dengan membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan yang diharapkannya.Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung atau biasa dikenal dengan singkatan UIN LAMPUNG,yang merupakan suatu universitas yang berbasis islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan siakad terhadap kepuasan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UIN RIL . Dalam menganalisis pengaruh Kualitas pelayanan siakad terhadap kepuasan mahasiswa tersebut dilihat dari dimensi tangible, reability, responsivess, assurance dan empaty. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah sebesar 2.704 mahasiswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 96 mahasiswa. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, uji t, dan koefisien determinasi (R2) dengan kualitas pelayanan SIAKAD sebagai variabel X (independen) dan kepuasan mahasiswa sebagai variabel Y (dependen). Kualitas pelayanan SIAKAD mempunyai pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dengan hasil bahwa kualitas pelayanan SIAKAD Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam adalah sebesar 22,2%, sedangkan sisanya 77,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Kualitas pelayanan siakad terhadap kepuasan mahasiswa FEBI jika dilihat dari perspektif Ekonomi Islam dapat dikatakan telah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam yaitu; Jujur, Bertanggung Jawab, Tidak Menipu, Menepati Janji, Melayani Dengan Rendah Hati dan Tidak Melupakan Akhirat. Sehingga dengan terdapat prinsip-prinsip ekonomi Islam tersebut maka kualitas pelayanan dapat di lakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip Ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:30
Last Modified: 14 Feb 2018 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3194

Actions (login required)

View Item View Item