PENGARUH KELOMPOK RUJUKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH (Studi Pada Mahasiswi FEBI UIN Lampung)

FITRIANI, MEYLINDA (2018) PENGARUH KELOMPOK RUJUKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH (Studi Pada Mahasiswi FEBI UIN Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman bagi konsumen segmen wanita, kosmetik adalah salah satu kebutuhan yang tidak dapat di hindari, Kosmetik sudah menjadi bagian yang tidak dapat di pisahkan dari kehidupan manusia terutama wanita, kosmetik yang awalnya merupakan kebutuhan sekunder sekarang seolah – olah berubah menjadi kebutuhan primer manusia yang mana kebutuhan tersebut harus dapat terpenuhi. Konsumen memiliki berbagai alasan untuk memilih suatu produk termasuk produk kosmetik yang akan di konsumsi. Islam tidak sepenuhnya melarang seorang wanita untuk berhias, justru ia mengajarkan cara berhias yang baik tanpa harus merugikan, apalagi merendahkan martabat wanita itu sendiri. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kelompok rujukan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah studi pada Mahasiswi FEBI UIN lampung ? dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap konsumsi kosmetik dikalangan mahasiswi FEBI UIN RIL yang dipengaruhi oleh kelompok rujukan sebagai faktor pengambilan keputusan ? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kelompok rujukan mampu mempengaruhi keputusan pembelian. Untuk mengetahui optimalisasi kelompok rujukan terhadap keputusan pembelian dikalangan mahasiswi FEBI UIN RIL. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan dua sumber jenis data, yaitu data primer dan data sekunder yang didapat dengan menggunakan metode kuesioner setelah data terkumpul , selanjutnya data di uji dengan menggunakan uji validitas, reabilitas, dan uji regresi liner sederhana, selanjutnya data di analisis dengan menggunakan statistik deskriptif analisis, dengan sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data dengan menggunakan metode analisis regresi linier sederhana. Pengolaan data dengan menggunakan SPSS 17.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kedua variabel independen yaitu kelompok rujukan berpengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian produk kosmetik Wardah. Hal ini memiliki arti bahwa semakin banyak kelompok rujukan yang ada di kalangan Mahasiswi FEBI yang menggunakan kosmetik Wardah, maka semakin tinggi pula keputusan pembelian kosmetik Wardah dikalangan mahasiswi FEBI. Terutama pada remaja yang berusia 18–25 tahun atau mahasiswi semester 3–9 karena pada usia tersebut adalah proses pencarian jati diri yang akan cenderung meniru apa yang sedang tren di lingkungannya. Pandangan islam, islam memberikan rambu-rambu berupa arahan positif dalam berkonsumsi, terdapat beberapa batasan dalam hal ini. Pertama batasan dalam berifat dan cara, seorang muslimah harus mengetahui segala sesuatu yang dilarang oleh islam. Mengkonsumsi produk-produk yang jelas keharamannya harus dihindari. Dalam islam seorang muslim tidak diperbolehkan untuk menerima berita dari seseorang melainkan stelah mengecek dengan teliti akan kebenaran berita tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:04
Last Modified: 13 Feb 2018 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3179

Actions (login required)

View Item View Item