KOMUNIKASI KEMENAG LAMPUNG BARAT DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL KEPADA MASYARAKAT DI DESA TUGU SARI KECAMATAN SUMBER JAYA

MUHAMMAD, SYAFIEQ AL HAMDANI (2023) KOMUNIKASI KEMENAG LAMPUNG BARAT DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL KEPADA MASYARAKAT DI DESA TUGU SARI KECAMATAN SUMBER JAYA. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1+5&DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of full skripsi hamdani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan adanya hambatan dalam proses komunikasi menyampaikan informasi oleh Kemenag Lampung Barat melalui instagram, dinamika pemikiran dan pergerakan penyampaian informasi mengalami perubahan atas terjadinya masalah tersebut. Bagaimana komunikasi Kemenag Lampung Barat dalam menyampaikan informasi melalui media sosial pada masyarakat Kelurahan Tugusari Kecamatan Sumberjaya?, Untuk Mengetahui komunikasi Kemenag Lampung Barat dalam menyampaikan informasi melalui media sosial pada masyarakat di kelurahan Tugusari Kecamatan Sumberjaya. Yaitu dengan cara menyampaikan informasi melalui media sosial instagram yang di tujukan kepada masyarakat kelurahan Tugusari Kecamatan Sumberjaya dan seluruh masyarakat lampung barat. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Data penelitian ini didapatkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif dan dalam menganalisa data di lapangan menggunakan model Mile dan Huberman yang dibagi menjadi empat yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sumber data di peroleh melalui file data resmi yang di ambil melalui pihak Kemenag Lampung barat saat melakukan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang di lakukan oleh pihak pemerintah daerah dalam hal ini Kemenag Lampung Barat adalah dengan dua cara, yaitu verbal dan nonverbal. Cara verbal yaitu Kemenag Lampung barat menyampaikan informasi dengan kata kata yang menjadi tulisasan “caption” dalam postingan di instagram. Lalu yang kedua, secara non verbal Kemenag lampung barat menyampaikan informasi melalui Instagram dengan memposting foto kegiatan dan tugas kemenag lampung barat. Tujuannya supaya masyarakat Lampung Barat lebih mudah untuk mendapatkan informasi tugas dari kemenag itu sendiri terkhusus masyarakat Kelurahan Tugusari Sumber jaya Kabupaten Lampung Barat.Kata Kunci : Komunikasi, Media Sosial, Informasi, Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:22
Last Modified: 21 Dec 2023 02:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31717

Actions (login required)

View Item View Item