PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PAKET INTERNET DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung)

Rosmitha, Siti Nurma (2018) PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PAKET INTERNET DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_SITI_NURMA.pdf] PDF
Download (36MB)

Abstract

Penelitian ini diatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang makin dinamis, manusia dituntut dengan cepat dan tepat untuk bertindak agar tidak kalah bersaing. Keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk pada dasarnya erat kaitannya dengan perilaku konsumen. Perilaku konsumen merupakan unsur penting dalam kegiatan yang perlu diketahui oleh perusahaan, karena perusahaan pada dasarnya tidak mengetahui apa yang ada dalam pikiran seorang konsumen pada waktu sebelum, sedang dan setelah melakukan pembelian produk tersebut, adanya kecenderungan pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen tersebut, mengisyaratkan bahwa manajemen perusahaan perlu mempertimbangkan aspek perilaku konsumen, terutama proses pengambilan keputusan pembeliannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kartu paket internet serta pandangannya dalm Ekonomi Islam pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi dan observasi. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel 96 orang dan analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung (7,552)>ttabel (1,986). Secara parsial promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian kartu paket internet dengan nilai thitung (1,034) < ttabel (1,986) dan untuk variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kartu paket internet dengan thitung (4,059) > ttabel (1,986). Secara bersama-sama harga, promosi dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kartu paket internet dengan nilai Fhitung sebesar 40,745 > Ftabel 3,11. Nilai Adjusted R Square diperoleh 0,571 atau 57,1% artinya bahwa variabel harga, promosi dan kualitas produk memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian kartu paket internet sebesar 57,1 %, sedangkan sisanya sebesar 42,9 % dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Feb 2018 02:19
Last Modified: 07 Feb 2018 02:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3147

Actions (login required)

View Item View Item