PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM YANG RENDAH KELAS VIII DI SMP N 21 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Amanah, Septiani (2018) PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM YANG RENDAH KELAS VIII DI SMP N 21 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (62MB)

Abstract

Self esteem merupakan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri, baik berupa penilaian negatif maupun penilaian positif yang ahirnya menghasilkan perasaan yang membawa kepercayaan diri dalam menjalani kehidupan. Self esteem yang rendah masih terdapat pada peserta didik kelas VIII di SMPN 21 Bandar Lampung sehingga diperlukan sebuah upaya untuk mengatasi self esteem rendah melalui konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behavior therapy. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan self esteem dengan menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy pada peserta didik kelas VIII di SMPN 21 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental desing dengan one group prettest dan postest dengan sempel penelitian berjumlah 13 peserta didik kelas VIII di SMPN 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki tingkat self esteem rendah. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata skor self esteem peserta didik sebelum mengikuti layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapi adalah 40,92, setelah diberikan layanan konseling kelompok melalui pendekatan rational emotive behavior therapy terjadi peningkatan skor menjadi 81,15. Dari hasil uji Paired Sampel Test diperoleh nilai T-hitung untuk meningkatkan self esteem yang rendah adalah -26.326 ≥ 1,78 Ttabeldengan probabilitas (sig)0.000 ≥ 0,05 Karena probabilitas (sig)0,000 < 0,05. Maka, dari data tersebut dapat dilihat Ho di tolak dan Ha yang berbunyi pendekatan rational emotive behavior therapi dapat meningkatkan self esteem yang rendah kelas VIII di SMPN 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018 ditrima. Saran untuk guru bimbingan konseling agar dapat menggunakan layanan kelompok melalui pendekatan rational emotive behavior therapy dalam meningkatkan self esteem yang rendah peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2018 03:19
Last Modified: 02 Feb 2018 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3130

Actions (login required)

View Item View Item