EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG

Anisa, Siti (2018) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of 1.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat erat kaitannya dengan keidupan manusia karena pendidikan merupakan salah satu pilar yang mempunyai peranan penting dalam menciptakan manusia yang berkualitas. Berdasarkan pra-penelitian yang telah dilakukan di MIN 9 Bandar Lampung dalam pembelajaran IPS, Masih didominasi oleh aktifitas guru, dimana pada saat proses pembelajaran guru hanya sebatas memberikan materi dan tanya jawab saja. Sehingga peserta didik kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk dapat membuat peserta didik lebih berperan aktif ialah dengan menggunakan metode pembelajaran aktif Learning Starts With A Questions (LSQ). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran Learning Starts With A Questions (LSQ) efektiv dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas V MIN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di MIN 9 Bandar Lampung. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental design. Desain penelitian yang digunakan pada quasi experimen ini ialah Two Group Randomized Subjects Pretest Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MIN 9 Bandar Lampung yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas eksperimen (V B) dan kelas kontrol (V C). Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes objektif (pretest-posttest) dan dokumentasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t, sebelum dilakukan uji t data diuji prasyarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.Berdasrkan hasil analis data dengan perhitungan program IBM SPSS Statistics v.20 for Windows yang menggunakan analisis Uji t untuk sampel yang berasal dari distribusi yang berbeda Independent samples test, menunjukan bahwa nilai Sig = 0,004 < 0,025 atau t-tabel = 2,030 < t-hitung = 3,021 maka (Ha) diterima. Dengan perbandingan rata-rata kelas eksperimen 78,1 dan rata-rata kelas kontrol 69,69 ini berarti bahwa metode pembelajaran Learning Starts With A Questions (LSQ) efektiv dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas V MIN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : metode pembelajaran aktif Learning Starts With A Questions (LSQ), Hasil belajar IPS Peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jan 2018 06:56
Last Modified: 29 Jan 2018 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3103

Actions (login required)

View Item View Item