PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI DI MI AL-KHAIRIYAH KALIAWI BANDAR LAMPUNG

FAHROZI, MARWAN (2018) PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI DI MI AL-KHAIRIYAH KALIAWI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PDF.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Metode think pair share (TPS) merupakan salah satu metode pembelajaran yang perlu digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, karena metode think pair share (TPS) ini dirancang untuk mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan dari suatu konsep melalui suatu kelompok. Salah satu masalah yang dihadapi dalam pembelajaran IPA adalah rendahnya hasil belajar belajar IPA peserta didik. Hal ini disebabkan dalam proses belajar mengajar disekolah guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab kemudian kemampuan peserta didik untuk bertanya atau meminta bantuan dari guru masih kurang. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah melalui penerapan MetodeThink Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik di MI Al-Khoiriyah Bandar Lampung?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VI MI Al-Khairiyah Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classrom Action Researchkarena ruang lingkupnya dalam pembelajaran di sekolah yang dilaksanakan oleh guru didalam kelas.Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitianini adalah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode think pair share (TPS) pada siswa kelas VI MI Al-Khairiyah Bandar Lampung, hal ini dapat dilihat dari sebelum penerapan nilai tes hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM adalah 43,8% kemudian yang tidak mencapai KKM adalah 56,2%. Kemudian setelah menggunakan metode think pair share (TPS) dapat diketahui hasil belajar mengalami peningkatan. Pada siklus pertama hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan hanya 62.5%. Kemudian pada siklus kedua tes hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan mencapai 86.7%.Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan Hasil belajar siswa kelas VIMI Al-Khairiyah Bandar lampung. Kata kunci :Metode think pair share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2018 08:06
Last Modified: 25 Jan 2018 08:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3093

Actions (login required)

View Item View Item