PENGEMBANGAN LEMBER KERJA SISWA (LKS) BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS POE (PREDICT,OBSERVE, AND EXPLAIN) UNTUK KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATISPESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Setiyani, Eka Nur (2018) PENGEMBANGAN LEMBER KERJA SISWA (LKS) BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS POE (PREDICT,OBSERVE, AND EXPLAIN) UNTUK KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATISPESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Kemampuan representasi dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang diperlukan oleh setiap siswa. Namun pada kenyataannya menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, bahan ajar yang digunakan belum melatih siswa dalam melakukan suatu penemuan dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layak tidaknya LKS bangun ruang sisi datar berbasis POE (Predict, Observe, and Explain) untuk kemampuan representasi matematis dan untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap LKS bangun ruang sisi datar berbasis POE (Predict, Observe, and Explain) untuk kemampuan representasi matematis. Penelitianini menggunakan pengembangan perangkat 4D (Four D Model) dari Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel yang terdiri dari 4 langkah yaitu (1) tahap pedefinisian (define); (2) tahap perencanaan (desaign); (3) tahap pengembangan (develop); dan (4) tahap penyebaran (Disseminate). Hasil validasi ahli materi pada aspek kualitas isi memperoleh rata-rata skor 3,25 dengan kriteria cukup valid, pada aspek ketepatan cakupan memperoleh rata-rata skor 3,33 dengan kriteria valid, aspek model POE memperoleh rata-rata skor 3,13 dengan kriteria cukup valid, dan pada aspek bahasa memperoleh rata-rata skor3,33 dengan kriteria valid. Validasi ahli media pada aspek ukuran LKS memperoleh ratarata skor 3,5 dengan kriteria valid, aspek desain kulit LKS memperoleh rata-rata skor 3,33 dengan kriteria valid dan pada aspek desain isi LKSmemperoleh rata-rata skor 3,20 dengan kriteria cukup valid. Respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata skor 3,67 dengan kriteria sangat menarik dan uji coba lapangan memperoleh rata-rata skor 3,47 dengan kriteria sangat menarik, respon uji coba juga dilakukan terhadap guru dengan memperoleh rata-rata skor 3,15 dengan kriteria menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 22 Jan 2018 07:21
Last Modified: 22 Jan 2018 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3067

Actions (login required)

View Item View Item