PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OBSERVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI MATHLA`UL ANWAR

Subekti, Ibnu (2018) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OBSERVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI MATHLA`UL ANWAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya kemampuan observasi peserta didik pada pembelajaran IPA di MI Mathla`ul Anwar Teluk Betung Bandar Lampung. Peserta didik terbiasa hanya duduk diam mendengarkan guru menjelaskan tentang materi pembelajaran tanpa ingin bertanya mengenai hal yang masih belum di mengerti. Hal ini terjadi karena metode yang berikan oleh guru kurang tepat dan bervariasi sehingga suasana pembelajaran sering membuat peserta didik merasa jenuh. Peneliti berupaya melakukan proses pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran IPA, yaitu melalui metode eksperimen. Dengan metode ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan observasi pada diri peserta didik. Oleh karena itu peneliti akan mencoba menerapkan pembelajaran menggunakan metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan observasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam empat siklus dan setiap pelaksanaannya menggunakan metode eksperimen. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Mathla`ul Anwar yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila sesudah tindakan > 80% peserta didik atau minimal 15 orang memperoleh skor kemampuan observasi minimal baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dan II rata-rata kemampuan observasi peserta didik masih rendah yaitu sebesar 55% dan 65%. Akan tetapi pertemuan selanjutnya terjadi peningkatan yang segnifikan yaitu pada siklus III sebesar 80%. Pada siklus IV rata-rata kemampuan observasi peserta didik meningkat menjadi 90%. Hal ini menunjukkan dari siklus I-IV rata-rata kemampuan observasi peserta didik mengalami peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan observasi peserta didik. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Kemampuan Observasi peserta didik, Mata Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 22 Jan 2018 07:00
Last Modified: 22 Jan 2018 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3066

Actions (login required)

View Item View Item