PENGARUHMODELPEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING (PBL)DENGAN MELAKUKAN FIELDTRIPDAN MODEL PEMBELAJARANSNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI1 SUMBEREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Kanigia C. Putra, Ridwan (2018) PENGARUHMODELPEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING (PBL)DENGAN MELAKUKAN FIELDTRIPDAN MODEL PEMBELAJARANSNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI1 SUMBEREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)DENGAN MELAKUKAN FIELDTRIP DAN MODELPEMBELAJARANSNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBEREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Oleh Ridwan Kanigia C. Putra Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan generalisasi matematis peserta didik kelas VIISMP Negeri 1 Sumberejo yang disebabkan rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi, menguranikan, memformulasikan, dan menerapkan sebuah aturan/pola.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan generalisasi matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dengan melakukan Fieldtripdengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaranSnowball Throwing maupun peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sumberejo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperiment dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sumberejo tahun ajaran 2016/2017,teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dengan melakukan Fieldtrip, kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran Snowball Throwingdan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji ANAVAdidapat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 02 Feb 2018 02:34
Last Modified: 02 Feb 2018 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3039

Actions (login required)

View Item View Item