EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION DALAM MEREDUKSIKAN KEJENUHAN BELAJAR SANTRI KELAS I AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL HIKMAH WAY HALIM BANDAR LAMPUNG PADA TAHUN PEMBELAJARAN 2017-2018

Hidayatulloh, Sarif (2018) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION DALAM MEREDUKSIKAN KEJENUHAN BELAJAR SANTRI KELAS I AWALIYAH MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL HIKMAH WAY HALIM BANDAR LAMPUNG PADA TAHUN PEMBELAJARAN 2017-2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Jenuh secara umum merupakan sesuatu yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan manusia, bahkan jenuh merupakan bagian dari kehidupan, begitupun dalam lingkungan madrasah, jenuh bisa saja terjadi pada santri. Konseling individu dengan menggunakan teknik Self-Instruction merupakan suatu pendekatan dalam konseling untuk membantu santri agar bisa memanajemen fikiran negatif dan dapat memotivasi diri ketika tekanan yang memicu jenuh datang dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas konseling individu dengan menggunakan teknik Self-Instruction dalam mengurangi jenuh belajar santri kelas I Awaliyah Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018 Jenis penelitian ini adalah Pre-eksperimental designs dengan desain penelitian One-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah santri kelas I E Awaliyah Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung yang dikategorikan jenuh belajar. Kemudian didapatkan 6 sampel dengan 3 santri kategori cukup jenuh dan 3 kategori. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor setelah di berikan Treatment Terdapat perbedaan skor pretest sebelum diberikan treatment 130,66 dan setelah diberikan treatment 80,83 dengan angka selisih penurunan adalah 48,16. Selain itu diperoleh t hitung setelah dilakukan analisis dengan menggunakan Paired Sample t test adalah (-16,658) nilai ini ≥ t tabel (1,860) dengan nilai Sig 0,00 ≤ 0,05 yang artinya Ha diterima Ho ditolah, dengan demikian jenuh belajar santri dapat berkurangi setelah diberikan layanan konseling individu dengan menggunakan teknik Self-Instruction. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling individu dengan menggunakan teknik Self-Instruction dalam mengurangi jenuh belajar santri kelas I Awaliyah Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Hikmah Efektif dalam mengurangi jenuh belajar santri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Jan 2018 06:36
Last Modified: 17 Jan 2018 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3030

Actions (login required)

View Item View Item