PENGARUH STRATEGI PEMASARAN PRODUK BMT TERHADAP JUMLAH NASABAH BMT DANA MULYA SYARIAH LAMPUNG SELATAN (Studi Pada BMT Dana Mulya Syariah Lampung Selatan)

PUTRA, WALIYANDI (2018) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN PRODUK BMT TERHADAP JUMLAH NASABAH BMT DANA MULYA SYARIAH LAMPUNG SELATAN (Studi Pada BMT Dana Mulya Syariah Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX_.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka memasarkan sebuah produk, maka perusahaan haruslah menetapkan biaya dan menjalankan strategi promosi yang tepat dan juga promosi dirancang sedemikian rupa sehingga fleksibel, efisiensi, dan efektif dalam mencapai tujuan utama yaitu untuk memberitahukan keberadaan produk atau perusahaan kepada konsumen atau menciptakan permintaan pasar yang akan memperluas pangsa pasar, karena itu perusahaan harus mempertimbangkan bauran promosi. Kegiatan promosi memudahkan untuk memasarkan produknya dengan lancar mengingat persaingan yang semakin ketat dan kebebasan konsumen dalam memilih produk yan ditawarkan ke pasar, dalam hal ini dibutuhkan suatu promosi yang berfungsi untuk mempengaruhi kecendrungan membeli dan loyalitas konsumen terhadap barang yang ditawarkan Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah, bagaimana startegi pemasaran BMT Dana Mulya Syariah dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada produk yang dipasarkan dan Bagaimana jumlah produk dan promosi terhadap jumlah nasabah BMT Dana Mulya Syariah selama 3 tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Untuk mengetahui strategi pemasaran BMT Dana Mulya Syariah dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada produk yang dipasarkan dan untuk mengetahui jumlah produk dan promosi terhadap jumlah nasabah BMT Dana Mulya Syariah 3 tahun terakhir. Metodologi penelitian yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan adalah, jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian ini bersifat deskriptif analisis, serta teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan, . Metode analisis data yang digunakan dalam peneliti menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil peneliti strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT Dana Mulya Syariah menggunakan produk, harga, tempat, dan promosi. Strategi pemasaran pada produk ditunjukkan dengan adanya produk unggulan yaitu produk wadiah, pendidikan, haji dan umrah, qurban dan idul fitri. Penetapan harga yang menyesuaikan dengan kemampuan nasabah. Strategi tempat dilakukan dengan memilih lokasi yang terjangkau bagi nasabah dan calon nasabah. Sementara, strategi promosi yang dilakukan adalah meluruskan niat, jemput bola, pelayanan yang baik, memperluas jaringan kerjasama dan periklanan seperti penyebaran brosur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 Jan 2018 08:06
Last Modified: 15 Jan 2018 08:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3018

Actions (login required)

View Item View Item