PENGGUNAAN KONSELING INDIVIDU RASIONAL EMOTIF BEHAVIOUR TERAPI UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF PESERTA DIDIK KELAS IX SMPN 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Firdaus, Girang (2018) PENGGUNAAN KONSELING INDIVIDU RASIONAL EMOTIF BEHAVIOUR TERAPI UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF PESERTA DIDIK KELAS IX SMPN 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_GIRANG_FIRDAUS.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Konsep diri positif yang timbul didalam diri konseli bermula dari keyakinan dan pola piker positif konseli terhadap kemampuan dan potensi yang ia miliki.Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek penelitian memiliki konsep diri yang rendah.Konsep diri yang rendah ditunjukkan meliputi malu dengan keadaan fisik yang berbeda,minder,tidak mau bertanya kepada guru apabila belum mengerti, tidak mau maju kedepan,tidak mau berbaur dengan teman-teman dan, merasa berbeda dengan teman-teman karna selalu dipanggil dengan sebutan bebek setiap berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengubah keyakinan irrasional yang dimiliki klien (yang memberikan dampak pada emosi dan perilaku) menjad irasional. Selain itu Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) bertujuan untuk memperbaiki dan mengubah sikap, persepsi, cara berfikir keyakinan serta pandangan konseli yang irrasional menjadi rasional, sehingga konseli dapat mengembangkan diri dan mencapai realisasi diri yang optimal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif yang bersifat descriptif. Hasil Observasi menunjukkan bahwa setelah diberikan layanan konseling individu teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) terdapat perubahan ,yaitu konseli tidak lagi malu dengan keadaan fisiknya, mau keluar kelas untuk bermain, konseli mau bertanya danmaju kedepan kelas,mulai menerima kekurangannya dan berusaha mengoptimalkan potensi yang ada pada dirinya. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan konseling individu teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dapat membantu siswa dalam meningkatkan Konsep Diri Positifnya.Disarankan kepada guru BK dapat menggunakan teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam meningkatkan Konsep Diri Positif peserta didik pada umumnya dan khususnya pada anak yang berkelainan fisik. Katakunci:RationalEmotiveBehaviorTherapy(REBT),SelfConfidence,Anak BerkelainanFisik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 03:23
Last Modified: 15 Jan 2018 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2991

Actions (login required)

View Item View Item