PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TYPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V MIN 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nurbaiti, N (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TYPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V MIN 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi__pdf_nurbaaiiti.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengeruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning type course review horay terhadap hasil belajar IPS kelas V MIN 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penilaian hasil belajar berupa tes dan dokumentasi. Jenis tes yang digunakan berupa pilihan ganda dengan melakukan pretest diawal pembelajaran kemudian posttest diakhir pembelajaran. Hasil tes menunjukkan nilai rata-rata dari 38 siswa pada kelas eksperimen yaitu 75.39 dan pada kelas kontrol sebesar 69.86. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai Sig= 0.00 atau t table= 1,992 < t hitung= 3,667. Ini berarti nilai thitung lebih besar dari nilai t tabel baik pada taraf 5 % sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning type course review horay terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas V MIN 2 Bandar Lampung. Kata Kunci: Model pembelajaran CTL type CRH. Hasil Belajar IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 03:10
Last Modified: 15 Jan 2018 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2989

Actions (login required)

View Item View Item