PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAYTWO STRAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTS N 1 KOTA AGUNG TANGGAMUS

Asy’ari, Awal (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAYTWO STRAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTS N 1 KOTA AGUNG TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (71MB)

Abstract

Masalah yang terlihat berdasarkan latar belakang bahwa rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran fiqih merupakan indikasi pembelajaran yang dilakukan belum terlaksana dengan baik, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran yang dirasa belum tepat, maka penulis dalam penelitian ini mencoba menerapkan model pembelajatan kooperatif tipe two stay two stray dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah melalui penerapan metode two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII MTs Negeri 1 Tanggamus?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajatan kooperatif tipe two stay two stray dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tanggamus. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana objek penelitian hanya berpusat pada proses pembelajaran dengan menggunakan metode Two stay two stray pada kelas VIII MTs Negeri 1 Tanggamus, adapun dalam pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, interview (Wawancara) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dimana penulis menggambarkan gejala-gejala yang terjadi pada objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dengan melalui penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 1 Tanggamus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dari siklus I dilihat dari nilai rata-rata post test hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan baru mencapai 70% sedangkan hasil belajar siswa yang tidak tuntas mencapai 30%. Pada siklus II hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan 86,6%, sedangkan hasil siswa yang belum tuntas 13,3%. Peneliti sudah melihat adanya peningkatan pada siklus II dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Kata kunci : Hasil belajar dan Model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Jan 2018 02:38
Last Modified: 12 Jan 2018 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2975

Actions (login required)

View Item View Item