Dinda, Aria Mareta (2023) PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 15 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (1MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Persepsi masyarakat secara umum dapat diartikan sebagai anggapan atau pemberian makna. Secara etimologi, presepsi dalam Bahasa inggris perception berasal dari Bahasa latin perception, dari percipere, yang artinya menerima atau mengambil, selain itu persepsi ialah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Adanya persepsi ini adalah penting agar dapat menumbuhkan komunikasi, sehingga dapat memberikan masukan dalam meningkatkan kualitas layanan. Penilaian terhadap layanan dapat tercermin dari tanggapan lima dimensi kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), keyakinan/jaminan (assurance), empati (empathy), dan dimensi berwujud (tangible). Posisi perpustakaan sangat berperan dalam proses pembelajaran dan mencerdaskan bangsa. Dapat dikatakan perpustakaan memberikan layanan kepada semua orang, anak-anak remaja, dewasa, pelajar, mahasiswa, pegawai, ibu rumah tangga, para usia lanjut, laki-laki dan perempuan. Perpustakaan sekolah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat di ligkungan sekolah, khususnya guru dan siswa. Perpustakaan sekolah mampu dikelola dengan baik dari segi pelayanan, koleksi SDM. Jenis metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jumlah populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik nya sejumlah 900 di tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian berjumlah 90 orang, maka pengambilan sampel 10% dari jumlah populasi. Pengambilan hasil penelitian menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 90 responden dan beberapa dokumentasi. Pada penelitian ini penelitian menggunakan beberapa pengujian diantaranya uji validitas, uji reabilitas dan penarikan kesimpulan peneliti menggunakan rumus rata-rata. Dapat disimpulkan bahwa persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi di sekolah menengah atas (SMAN) 15 Bandar Lampung dapat dikategorikan baik. Kata Kunci : Persepsi, Kualitas Layanan, Perpustakaan, Kebutuhan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam |
Divisions: | Fakultas Adab > Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 03:25 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 03:25 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |