PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DISERTAI ASSESSMENT FOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Mutiasari, Defina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DISERTAI ASSESSMENT FOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_DAFINA.pdf] PDF
Download (14MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis adalah kemampuan peserta didik dalam memecahkan suatu persoalan matematika dengan berbagai cara sesuai dengan ide – ide kreatifnya. Hasil nilai ulangan semester genap kelas VIII SMP Negeri 24 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017 diperoleh 141 peserta didik mencapai ketuntasan KKM dan 146 peserta didik dibawah ketuntasan KKM dari 287 peserta didik. Proses pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran ekspositori. Kemandirian belajar masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran TTW disertai AFL dengan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. (2) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. (3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran TTW disertai AFL dengan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy exerimental design dengan rancangan posttest only control design. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas, model pembelajaran TTW disertai AFL diterapkan di kelas VIII H dengan 30 peserta didik dan model pembelajaran Ekspositori diterapkan di kelas VIII J dengan 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji Anava dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan kajian teori dan hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran TTW disertai AFL terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dengan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. (2) Terdapat pengaruh kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran TTW disertai AFL dengan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik. Interaksi hanya berpengaruh pada model pembelajaran TTW disertai AFL dengan model pembelajaran Ekspositori terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis sedangkan kemandirian belajar peserta didik tidak terdapat interaksi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 10 Jan 2018 01:57
Last Modified: 10 Jan 2018 01:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2916

Actions (login required)

View Item View Item