TRI, KURNIA SARI (2023) PELAKSANAAN PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PEMBELAJARAN PAI DI SD SWADHIPA DAN SD NEGERI BUMISARI NATAR LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK PELAKSANAAN PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PEMBELAJARAN PAI DI SD SWADHIPA DAN SD NEGERI BUMISARI NATAR LAMPUNG SELATAN Oleh : Tri Kurnia Sari NPM : 1886108018 Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisis dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan.Kegiatan membaca memberikan pengaruh budaya yang amat kuat terhadap perkembangan literasi peserta didik. Adapun yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk membuat tesis ini didasarkan pada pengamatan dan wawancara awal yang penulis lakukan dimana diperoleh suatu gambaran bahwa di SD Swadhipa terdapat 15 siswa yang belum bisa membaca dikarenakan belum mengetahui huruf dari jumlah keseluruhan siswa kelas 1 yaitu 56 siswa. Sedangkan di SD Negeri Bumisari terdapat 21 siswa yang tidak bisa membaca dari jumlah keseluruhan siswa kelas 1 yaitu 112 siswa. Hal ini dikarenakan masih banyak orang tua yang kurang memperhatikan dan membina minat baca anaknya. Kadang orang tua menyuruh anaknya untuk sering membaca, tetapi orang tua sendiri tidak menanamkan budaya baca pada dirinya, ini merupakan salah satu faktor rendahnya minat baca pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dan wawancara kepada pengelola atau kepala sekolah SD ii 4 Swadhipa dan SD Negeri Bumisari serta yang terkait dengan objek penelitian ini seperti, petugas perpustakaan, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan budaya literasi di SDN Bumisari dan SDS Swadhipa sudah sangat baik, dengan diadakannya pembiasaan literasi serta diterapkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Upaya yang dilakukan mulai dari yang membaca sebelum pembelajaran, lalu dengan mengajukan pertanyaan, siswa diajak berdiskusi, setoran hafalan, merangkum atau meringkas materi, lalu juga mengajak siswa untuk melakukan pembelajaran di luar kelas. Itu semua merupakan upaya yang telah dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SDN Bumisari. SedangkanSD Swadhipa belum sampai pengembangan, dikarenakan belum mencapai indikator didalam tahap pembiasaan. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan penulis memberikan saran untuk Solusi yang dikembangkan untuk menumbuhkan minat baca dalam pelaksanaan program literasi : (1) Literasi pagi hari, (2) Pojok baca, (3) Kunjungan perpustakaan, (4) Pohon literasi, (5) Perpustakaan rumahku, (6) Koleksi buku perpustakaan. Kata kunci : Literasi, Minat baca, Pendidikan Agama Islam, Buku
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 03:24 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 03:24 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29016 |
Actions (login required)
View Item |