PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI ALJABAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP

Nurwani, N (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI ALJABAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_NURWANI.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

Pendidikan matematika merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting peranannya dalam upaya melatih manusia lebih teliti dan cermat dalam bertidak namun kenyataannya, prestasi matematika peserta didik masih rendah, pembelajaran matematika yang konvensional sehingga kebanyakan peserta didik yang pasif dan pembelajaran yang masih hanya menggunakan buku paket dan LKS yang siap pakai sehingga antisipasi terhadap kesulitan belajar siswa sulit dilakukan, untuk upaya meningkatkan prestasi matematika dan mengurangi kesulitan siswa pada proses pembelajaran maka penulis melakukan pengembangan desain didaktis bahan ajar materi Aljabar pada pembelajaran matematika SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan menghasilkan pengembangan desain didaktis bahan ajar materi alajabar pada pembelajaran matematika SMP yang layak digunakan menurut hasil validasi dari ahli materi, ahli bahasa, praktisi pendidikan, ahli media, dan membantu siswa untuk belajar lebih mandiri dan nyaman dalam proses belajar serta siswa sangat tertarik dengan bahan ajar (modul) desain didaktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono sesuai dengan pengembangan desain didaktis, yang menggunakan tuju tahapan dalam penelitian yaitu: 1) Identifikasi (learning obstacle), 2) Pengumpulan dan Pengolahan Data, 3) Penyusunan Desain Didaktis Bahan Ajar, 4) Validasi Desain Didaktis Bahan Ajar, 5) Desain Didaktis Bahan Ajar Revisi, 6) Uji Coba Kecil dan Uji Coba Lapangan (Implementasi Desain Didaktis) di SMPN 1 Pakuan Ratu, 7) Desain Didaktis Bahan Ajar Revisi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket respon siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil dari ahli materi, ahli bahasa, praktisi pendidikan, ahli media dengan hasil validasi layak digunakan dan bahan ajar desain didaktis berdasarkan angket respon uji coba lapangan yang dilakukan pada 22 siswa dikategorika sangat menarik sehingga bahan ajar (modul) desain didaktis sangat membatu siswa dalam proses belajar dan layak digunakan serta siswa sangat tertarik pada bahan ajar (modul) desain didaktis. Kata kunci : Bahan Ajar (Modul) Desain Didaktis pada Materi Aljabar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 03:15
Last Modified: 09 Jan 2018 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2901

Actions (login required)

View Item View Item