Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Al-Qolam Kota Agung Kabupaten Tanggamus

Idris , Muhammad (2017) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Al-Qolam Kota Agung Kabupaten Tanggamus. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (189kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (406kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (405kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (53kB) | Preview
[thumbnail of Foto.pdf]
Preview
PDF
Download (193kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah faktor diantara faktor-faktor yang lain yang dapat mempengaruhi kinerja guru.Kinerja guru mencerminkan performance seorang guru dalam melaksanakan tugasnya untuk mencapai tujuan pendidikan. Guna mencapai tujuan pendidikan kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi profesional guru dan kinerja guruperlu diusahakan secara maksimal. Fenomena yang ada di SMK Al-Qolam Kota Agung Kabupaten Tanggamus tampak sebagian guru belum menunjukkan kinerja yang baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Kinerja guru masih rendah, guru mengajar secara monoton dan tanpa persiapan yang matang. Guru masih menggunakan persiapan mengajar dengan sangat sederhana, dan merasa hafal di luar kepala dan tidak mau berubah terhadap hal-hal baru, selain itu dijumpai adanya guru yang kurang berdisiplin dalam menjalankan tugasnya. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “Seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Al-Qolam Kota Agung Kabupaten Tanggamus? Seberapa besar pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru di SMK Al-Qolam Kota Agung Kabupaten Tanggamus? Dan seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMK Al-Qolam Kota Agung Kabupaten Tanggamus?”. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan populasi 20 orang dan sampelnya berjumlah 100%. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner, interview, observasi dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data menggunakan rumus product moment. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil kuesioner 20 orang guru dari 15 pernyataan dengan 5 opsi jawaban didapat kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kinerja guru yang ada di SMK Al-Qolam Kota Agung Kabupaten Tanggamus, ini dibuktikan dari perhitungan rumus Product Moment rhitung 0,798. Karena rhitung 0,798 lebih besar dari rtabel yaitu taraf signifikan 5% adalah 0,632 maka kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru. Sedangkan untuk menentukan tinggi rendahnya pengaruh yaitu dengan mengonsultasikan rhitung 0,798 ke dalam tabel interpretasi nilai r, termasuk kelompok 0,70 – 0,90 yang menunjukkan taraf korelasi yang tinggi. Kompetensi profesional guru ada pengaruhnya terhadap kinerja guru, begitu juga kepemimpinan kepala sekolah dan profesional guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru. Hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung = 0,250 dan 0,257 lebih kecil dari taraf signifikan 5% yaitu 0,632. Apabila nilai rhitung 0,257 dikonsultasikan dalam Tabel Interpretasi Nilai r terdapat pengaruh tetapi sangat lemah sehingga korelasi itu diabaikan saja. Kesimpulan adalah apabila kepemimpinan kepala sekolah semakin baik maka kinerja guru juga semakin baik begitu juga sebaliknya. Untuk itu kepemimpinan kepala sekolah perlu ditingkatkan lagi agar kinerja guru juga meningkat. Sedangkan guru semakin profesional dalam melaksanakan tugasnya maka kinerja guru semakin baik, tetapi jika guru tidak profesional belum tentu kinerja guru tidak baik. Kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama semakin baik belum tentu kinerja guru semakin baik pula begitu juga sebaliknya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama semakin buruk belum tentu kinerja guru semakin buruk pula. Kata Kunci : Kepemimpinan kepala sekolah, Kompetensi profesional guru, Kinerja guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 07 Mar 2017 06:49
Last Modified: 07 Mar 2017 06:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item