PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH PADA MATERI GEOMETRI BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELE

Anisya, Rahma Kilba (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH PADA MATERI GEOMETRI BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELE. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_RAHMA_KILBA.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Kemampuan memahami konsep dan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang sangat diperlukan oleh setiap peserta didik. Namun, dalam proses pembelajaran sebagian peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan keterampilan dalam pemecahan masalah geometri masih lemah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis masalah pada materi geometri berdasarkan level berpikir geometri Van Hiele untuk SMP/MTs kelas VIII semester genap. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono dan hanya dibatasi sampai tujuh langkah penelitian dan pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, dan kuesioner (angket). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas bahan ajar adalah angket penilaian dari ahli materi, media, dan bahasa, serta angket respon peserta didik dan guru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang memaparkan hasil pengembangan produk. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kualitas kevalidan bahan ajar dari aspek materi memperoleh nilai rata-rata 3,79 dengan kriteria “Sangat Baik” yang berarti valid, aspek media memperoleh nilai rata-rata 3,32 dengan kriteria “Sangat Baik” yang berarti valid, dan aspek bahasa memperoleh nilai rata-rata 3,46 dengan kriteria “Sangat Baik” yang juga berarti valid. Sedangkan respon peserta didik terhadap bahan ajar memperoleh nilai rata-rata 3,62 dengan kriteria “Sangat Baik”, dan respon guru memperoleh nilai rata-rata 3,33 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan mempunyai kriteria sangat baik digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar pada materi geometri SMP/MTs kelas VIII semester genap. Kata kunci : Bahan Ajar, Berbasis Masalah, Geometri Van Hiele.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 02:30
Last Modified: 09 Jan 2018 02:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2893

Actions (login required)

View Item View Item