KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI

Dahlia, Eis (2018) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan akhlak tidak bisa dipisahkan dari ruang lingkup pendidikan Islam. Sebab, pendidikan akhlak yang tujuan untuk mencapai akhlak yang sempurna merupakan puncak dari tujuan pelaksanaan pendidikan Islam itu sendiri. Dengan kata lain, seorang Muslim tidak dapat dikatakan sempurna agamanya bila akhlak dalam kehidupannya tidak mencerminkan akhlak yang baik. pendidikan akhlak adalah upaya sadar dan terencana untuk menanam nilai-nilai akhlak yang di internalisasikan ke dalam pribadi peserta didik sehingga diharapkan akan terbentuk kepribadian yang berakhlak mulia. Imam Al-Ghazali adalah seseorang yang menekuni dunia pendidikan khususnya ilmu dibidang keagamaan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali?”. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan artinya, permasalahan dan pengumpulan data berasal dari kajian kepustakaan. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer (pokok) dan data sekunder (penunjang atau pendukung data primer). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis-filosofis. Selanjutnya, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis isi (content anaylisis). Dari hasil penelitian diketahui bahwa pemikiran Imam Al-Ghazali terkait dengan konsep pendidikan akhlak untuk mengatasi degradasi moral saat ini dapat dilakukan dengan membangun kualitas pendidikan terutama dalam menanamkan nilai-nilai akhlak Islami dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan. Untuk meningkatkan pendidikan akhlak Islami, menanamkan nilai-nilai akhlak yang bersifat permanen, membangun kepribadian muslim yang kaffah. Selain itu, Imam Al-Ghazali juga memaparkan mengenai langkah-langkah pendidikan akhlak untuk mengatasi degradasi yang terdiri dari, pendidikan akhlak yang berlandasan Al-Qur’an dan Hadis, Tujuan pendidikan akhlak , tahapan yang dicapai dalam pembentukan akhlak yaitu Takhalli, Tahalli, Tajalli, serta metode pembentuknya dengan cara Keteladanan, At-Tajribah, riyadhah dan mujahadah. Konsep pendidikan akhlak oleh Imam Al- Ghazali dapat di sesuaikan pada pendidikan saat ini, karena konsep pendidikan akhlak yang dikemukakan oleh Imam Al-Ghazali selaras dengan Pendidikan Agama Islam didalam kurikulum saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:53
Last Modified: 08 Jan 2018 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2875

Actions (login required)

View Item View Item