ANALISIS PERILAKU NASABAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP PRODUK PEMBIAYAAN (Studi Pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Tanjung Karang)

Munawwaroh, M (2018) ANALISIS PERILAKU NASABAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP PRODUK PEMBIAYAAN (Studi Pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Tanjung Karang). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_MUNAWWAROH.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Bank syariah dalam operasionalnya berpedoman pada prinsip-prinsip syariah, dimana dalam prinsip syariah dilarang adanya transaksi yang berhubungan dengan bunga, karena dalam sistem bunga mengandung unsur pemaksaan kepada peminjam untuk membayar sejumlah uang yang telah ditetapkan sebelumnya. Oleh karena itu dengan pembiayaan syariah yang diharapkan akan mampu mewujudkan perekonomian yang adil dan merata bagi semua lapisan masyarakat terutama masyarakat ekonomi lemah. Pada perbankan syariah khususnya pada BNI Syariah Kantor Cabang Tanjung Karang jumlah nasabah yang melakukan pembiayaan setiap bulannya tidak menentu, kadang mengalami kenaikan dan bahkan mengalami penurunan yang sangat drastis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam pengambilan produk pembiayaan Griya iB Hasanah pada BNI Syariah Kantor Cabang Tanjung Karang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dalam pengumpulan data bersumber dari lapangan, melalui metode wawancara, observasi, dan quesioner. Selain itu dalam penelitian ini juga digunakan penelitian pustaka (library research) sebagai pendukung kesempurnaan data. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan berpikir induktif. Hasil yang penulis temukan adalah setiap nasabah responden melalui beberapa tahap dalam melakukan pengambilan keputusan yaitu tahap pertama adalah mengenali permasalahan, tahap kedua mencari informasi, tahap ketiga evaluasi alternatif dan yang keempat adalah keputusan pembelian dan hasil. Dan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen: faktor sosial, faktor pribadi, faktor budaya dan faktor psikologis, terdapat tiga faktor yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen yaitu faktor budaya, faktor pribadi, dan faktor psikologis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah setiap calon nasabah yang melakukan pembiayaan terlebih dahulu melalui proses pengambilan keputusan yaitu mengenali permasalahan, mencari informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian. Dan faktor yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen adalah faktor budaya, faktor pribadi dan faktor psikologis, sedangkan faktor sosial tidak terlalu berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan terhadap produk pembiayaan khususnya produk Griya iB Hasanah pada BNI Syariah KC Tanjung Karang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:27
Last Modified: 08 Jan 2018 06:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2867

Actions (login required)

View Item View Item