PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIF NON VERBAL KELAS IX DI SMP BINA MULYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

METHA, LUWIANA ISAR (2023) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIF NON VERBAL KELAS IX DI SMP BINA MULYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Metha.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini yaitu mengenai perilaku agresif non verbal pada konseli yang masih rendah. Perilaku agresif non verbal ialah suatu perilaku dalam bentuk tindakan fisik yang dapat merugikan, merusak, dan melukai orang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan individu dalam mengatasi perilaku agresif non verbal pada konseli, untuk mengetahui apa saja perilaku agresif non verbal pada konseli, untuk mengetahui faktor penyebab perilaku agresif non verbal pada kelas ix di SMP Bina Mulya Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan melibatkan satu guru bimbingan dan konseling di SMP Bina Mulya Bandar Lampung. Penelitian ini membahas pelaksanaan Layanan Individu Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Non Verbal Pada Konseli dengan beberapa tahapan sebagai berikut: i) tahap awal, ii) tahap pertengahan, iii) tahap penutup. Bentuk-bentuk prilaku agresi non verbal di SMP Bina Mulya yaitu berkelahi dan menyerang. Faktor penyebab agresi non verbal di SMP Bina Mulya adalah: Lingkungan pergaulan, Perkataan teman, Kurangnya pengawasan orang taa. Hasil penelitian tersebut akan terlihat bagaimana pelaksanaan layanan konseling individual untuk meminimalisir perilaku agresif non verbal siswa kelas IX A SMP Bina Mulya. Dari hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan, sudah berjalan secara optimal dan meningkat,hal ini terbukti dan dapat dilihat dari hasil wawancara peneliti terhadap guru BK SMP Bina Mulya, perubahan perilaku siswa tersebut didalam kelas maupun diluar kelas yaitu tidak melakukan perilaku agresif non verbal seperti berkelahi dan menyerang. Perubahan tersebut terjadi setelah siswa mendapatkan layanan konseling individual yang dilakukan dengan cara bertatap muka secara langsung yang dilakukan guru BK untuk memberikan sebuah kesadaran mengenai dampak dari perilaku agresif non verbal. Kata Kunci: Pelaksanaan Layanan Konseling Individual, Agresi Non Verbal iv ABSTRACT The problem in this study is regarding non-verbal aggressive behavior in counselees which is still low. Non-verbal aggressive behavior is a behavior in the form of physical actions that can harm, damage and injure other people. The purpose of this study was to determine the implementation of individual services in dealing with non-verbal aggressive behavior in counselees, to find out what non�verbal aggressive behavior in counselees, to find out the causes of non-verbal aggressive behavior in class ix at SMP Bina Mulya Bandar Lampung. The method used in this study is a qualitative descriptive method through observation, interviews, and documentation, involving a guidance and counseling teacher at SMP Bina Mulya Bandar Lampung. This study discusses the implementation of Individual Services in Overcoming Non-Verbal Aggressive Behavior in Counselees with the following stages: i) initial stage, ii) mid stage, iii) closing stage. The forms of non-verbal aggressive behavior in Bina Mulya Middle School are fighting and attacking. Factors that cause non-verbal aggression in Bina Mulya Middle School are: social environment, friends' words, lack of parental supervision The results of this study will show how the implementation of individual counseling services minimizes aggressive non-verbal bahavior of class IX A student at SMP Bina Mulya. From the result of theresearch that the researchers have done, it has been running optimally and has improved, this is proven and can be seen from the results of interviews with researchers of Middle School Guidance and Guidance teachers at Bina Mulya Middle School, changes in student behavior inside and outside the classroom, namely not engaging in aggressive non-verbal behavior such as fighting and attack. These changes occurred after students received individual counseling services which were carried out face-to-face by the counseling teacher to provide an awareness of the impact of non-verbal aggressive behavior. Keywords: Implementation of Individual Counseling Services, Non Verbal Aggression

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2023 04:22
Last Modified: 31 May 2023 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28392

Actions (login required)

View Item View Item