MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MANDIRI 1 HARGO PANCURAN LAMPUNG SELATAN

DICA, ELVIONITA (2023) MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MANDIRI 1 HARGO PANCURAN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan latar belakang, ketika saat pra penelitian itu, bahasa anak masih terbilang cukup rendah atau dalam kategori belum berkembang, sehingga dengan demikian peneliti merumuskan masalah yakni, bagaimana mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini melalui model role playing usia 5-6 tahun di PAUD Mandiri 1 Hargo Pancuran Lampung selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengembangkan bahasa anak usia dini melalui pembelajaran role playing usia 5-6 tahun di PAUD Mandiri 1 Hargo Pancuran Lampung Selatan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang melibatkan 1 orang guru, dan 15 anak sedangkan objek penelitiannya adalah mengembangkan bahasa anak usia dini di PAUD Mandiri 1 Hargo Pancuran Lampung Selatan, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi analisis, data dianalis secara kualitatif dengan menggunakancara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, yang peneliti lakukan di PAUD Mandiri 1 Hargo Pancuran Lampung Selatan dapat disimpulkan bahwa mengembangkan bahasa anak usia dini melalui metode role playing usia 5-6 Tahun di kelas B1 PAUD Mandiri Hargo Pancuran Lampung Selatan dapat dikatakan sudah efektif dan berjalan dengan baik. PAUD Mandiri 1 Hargo Pancuran Lampung Selatan guru telah mengembangkan bahasa anak dengan menggunakan role playing, sehingga anak bisa berkomunikasi kepada orang lain, Anak juga telah bisa mengenal indititas dirinya sendiri, dan anak telah bisa mengenal huruf dengan stimulasi guru, maka dapat dilakukan perkembangan bahasa anak berkembang sesuai tingkat perkembangannya. Dengan hasil presentasi mengembangkan bahasa anak usia dini yaitu rata�rata dari 15 siswa PAUD Mandiri Hargo Pancuran Lampung Selatan yang Mulai Berkembang 4 anak, Berkembang Sesuai Harapan 8 anak dan yang Berkembang Sangat Baik yaitu 3 anak Kegiatan mengembangkan kemampuan bahasa anak yang diberikan oleh guru berjalan sesuai dengan harapan dan pencapaian perkembangan, yang dijadikan sebagai indikator pelaksanaan pengenalan bahasa kepada anak sudah efektif. Kata Kunci : Pengembangan bahasa, Role Playing, Anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2023 04:01
Last Modified: 31 May 2023 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28389

Actions (login required)

View Item View Item