PENGARUH MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS IV SD/MI

Ice, Weldasari (2023) PENGARUH MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Halaman Depan, Bab 1, Bab 2 dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi pelajaran saat terjadinya proses pembelajaran, hal itu mengakibatkan nilai hasil belajar peserta didik masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPA materi ifat-sifat cahaya perlunya memakai model pembelajaran yang dapat membuat prestasi belajar peserta didik mencapai KKM. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Model Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimennya yaitu Quasi Eksperiment. Jenis penelitian ini dengan cara yang digunakan adalah menggunakan pretest dan postest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Tresna Asih dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas IV A dan untuk kelas kontrol adalah kelas IV B. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Data diperoleh dari buku�buku tentang model sains teknologi masyarakat dan jurnal-jurnal yang terkait dengan model sains teknologi masyarakat pada materi sifat�sifat cahaya. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa model sains teknologi masyarakat dalam perhitungan Uji-t, didapatkan nilai sig 0,000 maka jika nilai Sig 0,05 (5%) pada Sig (2-tailed) maka H0 ditolak dan HI diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model sains teknologi masyarakat terhadap prestasi belajar siswa dan materi sifat-sifat cahaya melalui model sains teknologi masyarakat dapat berdampak positif dalam proses pembelajaran dan prestasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Sains Teknologi Masyarakat, Prestasi Belajar, Sifat-Sifat Cahaya iii ABSTRACT The problem in this research is that students still have difficulty understanding the subject matter during the learning process, which results in the student's learning outcomes still not reaching the Minimum Completeness Criteria (KKM). Therefore the researcher concluded that in learning natural science material the properties of light need to use a learning model that can make students' learning achievements reach KKM. The purpose of this study was to see the effect of the Society Technology Science Model on Student Achievement in the Material Properties of Light Class IV SD/MI. This research is a quantitative experimental research and the type of experiment is Quasi Experiment. This type of research used a pretest and posttest in the experimental class and the control class. This research was conducted at SDIT Tresna Asih with a sampling technique, namely the Cluster Random Sampling technique. Sampling in this study consisted of two class groups including the experimental class and the control class. Where the experimental class is class IV A and for the control class is class IV B. With data collection techniques using tests. Data were obtained from books on the science-technology model of society and journals related to the science-technology model of society on the material properties of light. Based on the results of data analysis, it can be said that the science and technology model of society in the calculation of the t-test, obtained a sig value of 0.000, if the Sig value is 0.05 (5%) in Sig (2- tailed) then H0 is rejected and HI is accepted. It can be concluded that there is a significant influence of the science-technology-society model on student achievement and the material properties of light through the science-technology-society model can have a positive impact on the learning process and student achievement. Keywords: Science Technology

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2023 08:11
Last Modified: 30 May 2023 08:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28382

Actions (login required)

View Item View Item