TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM POTONGAN HARGA DAN SISA SALDO DALAM PENGGUNAAN FITUR GO-FOOD PLUS (Studi Kasus Pada Kantor Go-Jek di Kota Bandar Lampung)

SAIPUL, MALIK (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM POTONGAN HARGA DAN SISA SALDO DALAM PENGGUNAAN FITUR GO-FOOD PLUS (Studi Kasus Pada Kantor Go-Jek di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SAIPUL MALIK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Go-food plus adalah fitur berlangganan untuk potongan harga tanpa voucher. Dengan menjadi member go-food plus, pengguna bisa mendapatkan potongan harga setiap kali memesan makanan melalui go-food plus saat masa berlaku paket yang dibeli masih aktif namun jika masa aktifnya sudah habis maka sisa uang (saldo) yang ada pada fitur go-food plus tersebut tidak dapat digunakan lagi sedangkan masih ada hak konsumen atau pelanggan untuk bisa menggunakan sisa uang atau saldo yang ada pada fitur tesebut. Maka dari itu, diperlukan adanya penelitian mengenai hal tersebut agar mengetahui sistem potongan harga dan sisa saldo dalam penggunaan fitur go-food plus ini sudah sesuai dengan hukum Islam atau tidak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik sistem potongan harga dan sisa saldo dalam penggunaan fitur go-food plus, dan Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Potongan Harga dan Sisa Saldo Dalam Penggunaan Fitur go-food. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui praktik sistem potongan harga dan sisa saldo dalam penggunaan fitur go-food plus dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap sistem potongan harga dan sisa saldo dalam penggunaan fitur go-food plus pada konsumen dan pihak kantor Go�Jek di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang digunakan secara sistematis dengan mengambil data di lapangan seperti wawancara terhadap pengguna fitur go-food plus yakni konsumen dan driver Go-Jek serta melalui call center Go-Jek Lampung, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan data dilakukan melalui tahap pemeriksaan data dan distematis data. Sedangkan analisis data dilakukan dengan secara kualitatif dengan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan praktik sistem potongan harga dan sisa saldo pada fitur go-food plus sebelum pelanggan berlangganan fitur tersebut pihak Go-Jek memberi informasi mengenai sistem fitur tersebut, setelah memahaminya maka pelanggan dapat menjadi member dan mengisi saldo untuk bisa iii menikmati paket potongan harga tersebut, sedangkan menurut hukum Islam mengenai sistem potongan harga dan sisa saldo pada fitur tersebut diperbolehkan karena sesuai ketentuan syariat, sebelum pelanggan berlangganan fitur tersebut pihak Go-Jek sudah memberi informasi mengenai sistem yang ada pada fitur tersebut keunggulan dan kelemahannya, sehingga pelanggan tidak merasa dirugikan dan menerima konsekuensinya, dalam hal ini sistem potongan harga dan sisa saldo dalam penggunaan fitur go-food plus tidak terdapat unsur gharar di dalamnya. Kata kunci :Go-Food Plus, Go-Jek, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2023 04:21
Last Modified: 30 May 2023 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28365

Actions (login required)

View Item View Item